riau24

Baleho Salah Satu Caleg Yang Terpampang di Pagar TPU Desa Senggoro Bengkalis Raib

Rabu, 13 Maret 2019 | 19:13 WIB
Koordinator Divisi Pengawasan Hubungan Masyarakat dan Antar-Lembaga Bawaslu Kabupaten Bengkalis, Usman /hari Koordinator Divisi Pengawasan Hubungan Masyarakat dan Antar-Lembaga Bawaslu Kabupaten Bengkalis, Usman /hari

RIAU24.COM -  BENGKALIS - Mendapat teguran keras dari Bawaslu Kabupaten Bengkalis, baleho atau Alat Peraga Kampanye (APK) milik Calon Anggota Legislatif (Caleg) dari Partai Demokrat, yang dipasang di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Senggoro, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis akhirnya hilang.

Baleho berukuran besar milik Caleg DPRD Kabupaten Bengkalis, Hendra Jeje H sebelunya bersanding gagah dan sejajar dengan baleho calon anggota DPR RI, Drs H Ahmad. Kini, Rabu 13 Maret 2019 baleho caleg dapil I, Bengkalis-Bantan dari Partai Demokrat itu tidak lagi terlihat alias menghilang dari asal tempat pemasangan tersebut.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Kabupaten Bengkalis melalui Koordinator Divisi Pengawasan Hubungan Masyarakat dan Antar-Lembaga Bawaslu Kabupaten Bengkalis, Usman, kaget dengan adanya APK caleg terpasang di area pemakaman tersebut.



BACA JUGA : Bawaslu Bengkalis Ajak Semua Pihak Sukseskan Pemilu

Diutarakan Usman, alat peraga kampanye jelas pelanggaran bila pemasangan alat peraga kampanye tersebut di sarana tempat ibadah dan juga di bangunan pendidikan.

"Apalagi tempat pemakaman?. Pemasangan APK di depan pintu masuk pekuburan seharusnya tidak boleh kerena TPU merupakan fasilitas umum, kecuali sudah ada ketetapan dari KPU terkait zonasi atau titik lokasi pemasangan,"ujar Usman kepada sejumlah wartawan, Rabu 13 Maret 2019 petang.

Lanjutnya, dengan adanya temuan itu, Bawaslu Bengkalis mengimbau peserta pemilu untuk melakukan penertiban serta merapikan APK caleg lainya yang juga ditemukan banyak berserakan.

"Kami berharap peserta pemilu, tim kampanye, pelaksana kampanye untuk mentaati aturan dan menjaga estetika lingkungan,"ungkapnya menghimbau.

Sementara itu, Ketua DPC Demokrat Bengkalis, Nur Azmi Hasyim mengaku mengetahui salah satu anggota calegnya melakukan pemasangan baleho caleg di depan pagar pintu masuk pemakaman warga dari pemberitaan media. Namun, dirinya enggan memberikan komentar dengan alasan kini telah dicopot baleho tersebut.



BACA JUGA : 17 JCH Bengkalis Dikenai Biaya Visa Progresif Rp7,5 Juta

Disenggol, apakahan pencopotan itu dilakukan atas perintah dirinya. Pria Kerap disapa Emi yang juga Anggota DPRD Kabupaten Bengkalis inipun balik enggan berkomentar.

"Tak tahu saya bang, Coba ditanyakan sama bawaslu bang ya," ujar Emi singkat.(***)


R24/phi/hari
    

 

PenulisR24/hari


Loading...

loading...

Terpopuler