riau24

FAA Temukan Bukti Baru, Boeing Akhirnya Larang Seluruh Pesawat 737 Max Mengudara

Kamis, 14 Maret 2019 | 09:26 WIB
Boeing 737 Max Boeing 737 Max

RIAU24.COM -  Boeing akhirnya melarang terbang seluruh armada pesawat 737 Max setelah penyelidik menemukan bukti baru di lokasi jatuhnya Ethiopian Airlines.

Otoritas penerbangan sipil AS, Federal Aviation Administration (FAA) mengatakan keputusan larangan terbang sementara pesawat-pesawat itu dibuat berdasar bukti baru serta data satelit.

FAA memiliki tim yang menyelidiki bencana di lokasi kecelakaan Ethiopian Airlines, bekerja sama dengan Dewan Keselamatan Transportasi Nasional.

Dan Elwell, pejabat di FAA mengatakan pada hari Rabu (13/03): "Menjadi jelas bagi semua pihak bahwa pola [penerbangan] Ethiopian Airlines sangat dekat dan berperilaku sangat mirip dengan penerbangan Lion Air."

Sebelumnya pada hari Rabu, Kanada melarang terbang pesawat itu setelah menteri transportasi Marc Garneau mengatakan dia telah menerima bukti baru tentang kecelakaan tersebut.

Manajemen Boeing awalnya tetap meyakinkan bahwa mereka memiliki kepercayaan penuh pada keselamatan 737 Max. Namun, perusahaan itu menambahkan, setelah berkonsultasi dengan FAA dan Dewan Keselamatan Transportasi Nasional, mereka memutuskan untuk menghentikan penerbangan dengan alasan berhati-hati dan untuk meyakinkan masyarakat tentang keselamatan pesawat terbang.

"Kami melakukan segala yang kami bisa untuk memahami penyebab kecelakaan dalam kemitraan dengan para penyelidik, menyebarkan peningkatan keselamatan dan membantu memastikan ini tidak terjadi lagi," kata Dennis Muilenburg, presiden dan kepala eksekutif Boeing seperti dilansir BBC.***

 

R24/bara

PenulisR24/bara


Loading...

loading...