riau24

Demi Kesejahtraan Masyarakat, Poros Hijau Indonesia Riau Minta Agar Prabowo Kembalikan HGU

Kamis, 14 Maret 2019 | 16:38 WIB
Poros Hijau Indonesia Riau saat menggelar diskusi di Hotel Evo Pekanbaru, Rabu (13/3/2019). Poros Hijau Indonesia Riau saat menggelar diskusi di Hotel Evo Pekanbaru, Rabu (13/3/2019).

RIAU24.COM - Aktifis lingkungan hidup dan seniman Antropolog Riau dan Nasional meminta kepada Prabowo Subianto, agar mengembalikan lahan Hak Guna Usaha (HGU) miliknya.

Sebagaimana diketahui, Prabowo mempunyai HGU di Provinsi Aceh dan Kalimantan. Oleh karena itu Poros Hijau Indonesia Riau meminta agar HGU tersebut dikembalikan, agar dapat dibagikan kepada masyarakat.

"Hal itu perlu dilakukan agar mempermudah program Jokowi dalam mengentaskan kemiskinan yakni Perhutanan Sosial (PS) dan Tanah Objek Reforma Agraria (TORA)," ujar Koordinator Poros Hijau Indonesia Riau, Fadil Nandika.



BACA JUGA : Hotspot Riau Masih Ada, Jarak Pandang di Dumai 8 Kilometer

Dalam acara yang diselenggarakan oleh kumpulan aktifis lingkungan hidup dan seniman antropolog Riau dan Nasional dalam rangka menyambut kehadiran Bapak Prabowo Subianto, Rabu (13/3/2019) petang kemarin.

"Kita meminta agar Prabowo mau mengembalikan Lahannya untuk kesejahteraan rakyat” kata Fadil.

Terpisah Staf Kepresidenan RI Bidang Lingkungan Hidup Obet Nego yang juga hadir dalam diskusi tersebut menyebutkan bahwa hanya dalam kurun waktu 4 tahun ini, pemerintahan Jokowi-JK mampu mewujudkan reforma agraria.

"Sudah banyak yang dilakukan pemerintah Jokowi-JK saat ini, untuk menjadikan Indonesia Hijau," sebutnya.



BACA JUGA : BKD Riau Masih Tunggu Hasil Pusat Soal PPPK

Hal yang paling dirasakan oleh rakyat adalah program Perhutanan Sosial (PS), dimana menurutnya pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) akan melepaskan 4,1 juta hektar (ha) lahan untuk masyarakat di sekitar areal lahan tersebut melalui pelaksanaan program Tanah Objek Reforma Agraria (TORA).

Tidak hanya itu, selain program TORA, untuk lebih memacu pembangunan di kawasan pinggiran, pemerintah akan menggenjot program perhutanan sosial untuk membangun pelosok desa, agar produktif dan membangun keunggulan ekonomi domestik.(***)

 
PenulisR24/amri


Loading...

loading...