riau24

Mitsubishi dan Nissan Garap 4 Mobil Produksi Bersama, Ini Kelebihannya

Sabtu, 16 Maret 2019 | 08:17 WIB
Mitsubishi dan Nissan Garap 4 Mobil Produksi Bersama Mitsubishi dan Nissan Garap 4 Mobil Produksi Bersama

RIAU24.COM -  JAKARTA - Mitsubishi Motors Corporation (MMC) dan Nissan Motor Co. Ltd. pada 14 Maret 2019 mengumumkan empat model mobil mini hasil garapan bersama untuk pasar domestik Jepang. Empat model mobil mini (kei-mobil) adalah Mitsubishi eK wagon, Mitsubishi ek X, Nissan Dayz dan Nissan Dayz Highway Star.

Acara ini sebenarnya lebih dari peluncuran karena baik Mitsubishi dan Nissan telah bekerja sama melalui sebuah perusahaan, NMKV Co., Ltd. Mitsubishi dan Nissan masing-masing memiliki bagian yang sama, yaitu 50 persen.

Proyek pertama NMKV adalah memproduksi Mitsubishi generasi ketiga Oak Wagon dan Nissan Otti pada 2013 yang kemudian dikenal sebagai Nissan Dayz.

Setelah Nissan memiliki saham Mitsubishi dan berada di Pakatan (Alliance) pada tahun 2016, kedua perusahaan telah meningkatkan kerjasama mereka lebih dalam.

Pada bulan Februari 2019, Nissan meluncurkan Livina baru di Indonesia yang berbagi platform dengan Mitsubishi Xpander.

Seperti dilansir dari Autoreview yang dikutip sindonews, produksi model ini juga dimulai pada hari yang sama di pabrik Mitsubishi Mizushima di Kurashiki, Jepang. Untuk pertama kalinya, model yang ditawarkan fitur teknologi mengemudi semi-otonom yang dirancang untuk satu jalur di jalan raya.

Meskipun berbagi komponen utama, kedua model memiliki desain yang berbeda. Ek Wagon hadir dengan rilis Dynamic Shield sementara Dayz dikemas dengan Votion Motion.

Dalam hal mesin, baik Mitsubishi dan Nissan tidak mengungkapkan informasi tentang hal itu tetapi mantan mesin bertenaga Wagon dan Dayz 657 CC 3G83 I3 dan I3 Turbo.

Sama seperti model mini Jepang lainnya, drive ini didukung oleh dua roda depan atau empat roda (4WD).***

 

R24/bara

PenulisR24/bara


Loading...

loading...