riau24

Semut Tidak Suka Manis Madu Itu Mitos? Ternyata Ini Faktanya

Sabtu, 16 Maret 2019 | 10:34 WIB
Mitos semut tidak suka madu lebah (foto/ilustrasi) Mitos semut tidak suka madu lebah (foto/ilustrasi)

RIAU24.COM -  Sabtu 15 Maret 2019, Siapa yang tidak kenal dengan madu yang kaya khasiat. Karena banyak manfaatnya, madu lebah juga kelulut menjadi komoditi jual berharga tinggi. 

Namun akibat harga tinggi dan stok terbatas, membuat ada saja oknum pedagang curang dengan mencampur madu dengan gula. Bahkan ada yang sengaja mencampur dengan air tebu. 



BACA JUGA : Mantap Abis, Cara Pengelola Supermarket Ini untuk Mencari Pengganti Plastik, Patut Diacungi Jempol

Nah di masyarakat ada anggapan, bahwa ada ciri-ciri perbedaan madu asli atau murni dengan campuran. Salah satunya madu asli tidak akan disukai semut. Alasannya karena madu punya efek panas, sehingga semut tidak suka. Benarkah demikian? 



BACA JUGA : Rasanya Manis, ini Resep Membuat Barongko khas Bugis

Dilansir dari DokterSehat, tidak semua semut yang tidak suka madu. Menurut pakar kesehatan, realitanya, tidak sedikit peternak madu yang mengeluhkan masalah semut yang kerap menyerang sarang lebah yang memproduksi madu. Artinya madu asli tidak disukai semut itu mitos. 

Selain mitos semut tidak suka madu, juga ada anggapan bahwa madu tidak memiliki masa kedaluarsa alias basi. Untuk yang satu ini memang benar.

Hanya saja syaratnya madu harus disegel dengan rapat, serta ditempatkan di suhu ruangan. Nah kalau madu tidak ditutup dengan baik serta disimpan di tempat lembab bisa buat kualitas madu berkurang dan basi.

Tidak hanya itu, ada juga anggapan masyarakat bahwa madu memiliki warna khas. Padahal kenyataannya warna madu lebah, sangat bergantung pada sumber bunganya. 

Meski demikian, bagi penderita diabetes tidak ada salahnya untuk tetap berhati-hati dalam membeli madu. Harus memastikan betul keaslian madu tersebut. Supaya tidak memperparah penyakit, akibat salah beli madu campuran gula atau air tebu. 

PenulisR24/riki


Loading...

loading...