riau24

Ferguson Sebut Messi Dihentikan dengan Cara Ini

Rabu, 10 April 2019 | 23:18 WIB
Messi saat lawatan pertama bertemu MU. Foto: int Messi saat lawatan pertama bertemu MU. Foto: int

RIAU24.COM -  Tak berapa lama lagi, perempat final Liga Champions yang mempertemukan Manchester United versus Barcelona, akan segera digelar. Rupanya, laga ini menjadi perhatian serius mantan pelatih Mu, Sir Alex Ferguson.

Ia pun bercerita bagaimana cara menghentikan laju pemain andalan Barcelona, Messi.

Hal itu ia sampaikan dalam buku autobiografinya, seperti dilansir Mirror, Ferguson pernah membahas tips bagaimana menghentikan aksi Messi di lapangan.

Tulisan itu merupakan refleksi atas pengalamannya saat menangani Setan Merah empat kali berhadapan dengan Blaugrana yang diperkuat Messi.



BACA JUGA : Babak Pertama Liverpool Imbang, Arsenal Tertinggal Satu Gol

Untuk diketahui, pertemuan awal di leg pertama semifinal Liga Champions pada 23 April 2008 silam, berakhir imbang tanpa gol. Berikutnya, Setan Merah menang 1-0 atas Barcelona pada leg kedua di Stadion Old Trafford, 29 April 2008 dan melenggang ke final.

"Anda membutuhkan para bek tengah yang harus siap mengadang tepat di depan Messi dan jangan pedulikan apa yang terjadi di belakangnya," ujarnya dilansir detik, Rabu 10 April 2019.

"Dia akan bergerak juga ke arah samping. Tidak masalah. Dia kurang berbahaya jika berada di sisi pertahanan ketimbang ada di tengah [pertahanan tim]," tambahnya.



BACA JUGA : Dipermalukan Everton, Manchester United Pulang Dengan Penuh Luka

Sedangkan pertemuan ketiga dan keempat MU versus Barcelona di Liga Champions terjadi pada 2009 serta 2011. Tepatnya pada final Liga Champions 2009. Ketika itu, Messi membalas kekalahan untuk Barcelona dengan mencetak satu gol pada menit ke-70 dan membawa Barca menang 2-0 atas Setan Merah.

Blaugrana dan Red Devils kembali bersua di final Liga Champions 2011 di Stadion Wembley, 28 Mei 2011. Untuk kesekian kalinya, Barcelona kembali menghancurkan Setan Merah 3-1 dan Messi ikut mencetak satu gol.

Dilansir cnnindonesia, Ferguson menyebutkan kekalahan tersebut sebagai pelajaran berharga, terutama dalam hal berbagi cara untuk menghentikan Messi.

"Setelah kekalahan itu saya katakan kepada diri saya sendiri: 'Jika kami kembali lawan Barcelona di final Liga Champions ke depannya, saya punya [Phil] Jones dan[Chris] Smalling atau Smalling dan [Jonny] Evans, yang akan mengadang Messi," tulisnya.

"Saya tidak akan membiarkannya [Messi] kembali mengoyak kami lagi," lanjut Ferguson. ***

 

PenulisR24/wan


Loading...

loading...