riau24

Duh Malunya, Kotak Suara Pemilu Berbahan Kardus Jadi Ledekan Kartunis Jepang

Kamis, 11 April 2019 | 13:26 WIB
 Kota Suara Pemilu Berbahan Kardus Jadi Ledekan Kartunis Jepang Kota Suara Pemilu Berbahan Kardus Jadi Ledekan Kartunis Jepang

RIAU24.COM -  Pilihan KPU RI membuta kotak suara berbahan kardus pada Pemilu 2019 ternyata tidak hanya jadi kontroversi di dalam negeri, tetapi juga bahan ejekan di luar negeri. Kartunis Jepang meledek kotak suara Indonesia dan menyamakannya dengan keterampilan origami.

Pertama ia perlihatkan kotak suara pemilu di Korsel. Bahannya sangat kuat, teregistrasi, disegel dan membukanya saja harus pakai tang.

Gambar kedua memperlihatkan kotak suara dalam pemilu di Jepang yang kokoh dan kuat terbuat dari baja dan dilengkapi dua kunci gembok.

Nah, giliran gambar yang ketiga kotak suaranya dari kardus. Sambil ditunjukkan cara pembuatannya mirip seperti keterampilan dalam melipat kertas atau origami. Dipersiapkan juga gunting dan lem. Kotak suara itu dilengkapi jendela kecil dan satu kunci gembok. Di bagian lain ia juga menuliskan kata," Even Children Can Make" atau "bahkan anak kecil pun bisa membuatnya".

Kartun buatan Hiroshi ini jelas untuk meledek kotak suara Pemilu 2019 di Indonesia. Ini karena ia melengkapi karikaturnya dengan enam bocah yang tengah melihat kotak suara itu sambil tertawa terbahak-bahak.

Di tanah air, keberadaan kotak suara dari bahan kardus memang sempat menjadi sorotan dan kritikan. Pasalnya, kotak suara tersebut diyakini tidak cocok digunakan di Indonesia yang banyak memiliki daerah terisolir dan rawan basah.

Namun Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI  beralasan memilih bahan kardus agar pemilu terlaksana dengan biaya yang efisien. Oleh karenanya, KPU mencari berbagai alternatif untuk memangkas biaya yang dikeluarkan, salah satunya dengan penggunaan kotak suara 'kardus'.***

PenulisR24/saut


Loading...

loading...