riau24

Wow! Pohon Ini Bisa Hasilkan 40 Jenis Buah Berbeda

Jumat, 12 April 2019 | 16:09 WIB
Inilah pohon hasil rekayasa genetika yang mampu menghasilkan 40 buah berbeda. Foto: int Inilah pohon hasil rekayasa genetika yang mampu menghasilkan 40 buah berbeda. Foto: int

RIAU24.COM -  Memang agak sulit dipercaya. Namun pohon ini mampu berbuah dengan 40 jenis buah-buahan yang berbeda. Tentu saja pohon ini bukan pohon yang tumbuh secara alami. Namun pohon ini adalah hasil rekayasa genetika Van Aken dari Syracuse University, seorang profesor jurusan seni di Amerika.

Ketertarikan Aken terhadap ilmu pertanian, khususnya buah-buahan, bermula dari masa kecilnya yang dihabiskan di perkebunan keluarga.



BACA JUGA : Setelah 2 Tahun Akhirnya Terungkap, Pemimpin Ku Klux Klan Ini Tewas Ditembak Istri Saat Tidur

Awalnya, Aken mendalami ilmu pertanian buah-buahan di Pusat Eksperimen Agrikultur New York pada tahun 2008 lalu. Ia berencana mengembangkan pohon yang bisa menghasilkan 250 jenis buah.

Untuk mewujudkan rencana itu, Aken mulai mengumpulkan beberapa jenis pohon buah yang akan diujicoba dengan cara dicangkok.

Bermodalkan sebuah pohon berbatang kokoh, Aken mulai mencangkok satu demi satu batang pohon buah. Teknik cangkok seperti ini disebut sebagai chip grafting. Hampir setiap cabang pada pohon itu, telah dicangkok dengan aneka pohon buah mulai buah plum, aprikot, ceri hingga kacang almond.

Hasilnya tampak pada tahun kelima. Pohon hasil pencangkokan ini mulai menunjukkan hasil yang mengagumkan.



BACA JUGA : Bom Meledak di Sri Langka Tewaskan 138 Orang, Rupanya Ada WNI di Hotel Shangri La

Dilansir detik, Jumat 12 April 2019, setiap musim semi datang, pohon milik Aken ini akan terlihat cantik karena ditumbuhi aneka bunga berwarna-warni. Bunga yang lebat ini berwarna pink, putih, merah hingga ungu. Bentuk bunganya pun beragam.

Bunga-bunga ini merupakan cikal bakal buah-buahan yang berbeda namun tumbuh pada satu pohon yang sama.

Hingga saat ini Aken sudah berhasil menumbuhkan 16 pohon berbuah 40 jenis. Pohon-pohon ini dia letakkan di berbagai tempat strategis mulai di museum, pusat komunitas hingga di berbagai tempat strategis di Amerika. ***

PenulisR24/wan


Loading...

loading...

Terpopuler