riau24

Mabuk Dalam Perjalanan, 3 Hal ini jadi Penyebabnya

Minggu, 14 April 2019 | 10:17 WIB
Ilustrasi mabuk perjalanan Ilustrasi mabuk perjalanan

RIAU24.COM - Untuk sebagian orang, perjalanan darat atau pun perjalanan laut bisa jadi memabukkan. Apalagi jika rute jalan yang dilalui berkelak-kelok dan jarak tempuh yang cukup lama.

Seperti dikutip dari detik.com, Sabtu, 13 April 2019, apa sih penyebab dari mabuk perjalanan atau dalam dunia medis disebut motion sickness itu?

Berdasarkan keterangan Dokter Umum dan Kepala Unit Emergency RS Pondok Indah, dr Felix Samuel, MKes, mabuk perjalanan dikarenakan adanya gangguan pada pusat keseimbangan di pusat otak dan di tiga perifer, yaitu mata, telinga, serta otot dan sendi.


BACA JUGA : Nauzubillah, Inilah Orang-Orang Yang Tidak Akan Mencium Bau Surga

"Yang terjadi ketidaksinkronan antara apa yang dilihat mata, apa yang dirasa sendi, dan didengar telinga dalam," kata dr Felix.

Dia menjelaskan, ketidaksinkronan terjadi ketika mata terfokus pada sesuatu, misal melihat ke jalanan atau layar handphone. Kemudian otot dan sendi merasa bahwa tubuh tidak bergerak atau diam saja. Sedangkan, telinga mendengar sensasi pergerakan kendaraan.

Agar tidak gampang mabuk pada perjalanan, dia menyarankan untuk mengalihkan fokus, seperti dengan mendengarkan musik atau mengobrol. Tak hanya itu, tidak dianjurkan sebelum bepergian untuk makan makanan yang terlalu pedas dan berminyak.


BACA JUGA : Luar Biasa, 7 Zodiak Ini Rela Berkorban untuk Pasangannya

"Jangan main hape di dalam kendaraan nanti bikin mabuk," tuturnya.

PenulisR24/ibl


Loading...

loading...