riau24

Mall Pelayanan Publik Segera Dibangun

Senin, 15 April 2019 | 20:15 WIB
Kepala DPMPTSPTK Meranti Drs Revirianto/int Kepala DPMPTSPTK Meranti Drs Revirianto/int

RIAU24.COM -  SELATPANJANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti akan membangun Mall Pelayanan Publik. Dimana seluruh pelayanan publik seluruh kantor yang ada di Kabupaten termuda di Provinsi Riau itu akan ditempatkan disana.

Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu,  Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSPTK), Drs Revirianto, Senin (15/4/2019) mengatakan pembangunannya akan dilakukan menunggu ketersediaan anggaran daerah. Dimana akan diusulkan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

“Kalau anggarannya tersedia, maka akan kita bangun tahun depan (2020). Atau, paling lama tahun 2021,” ungkapnya.



BACA JUGA : Ramadhan, ASN Meranti Masuk Jam 08.00 WIB, Pulang Jam 15.00 WIB

Untuk lokasi pembangunan Mall Pelayanan Publik itu nantinya, Revi mengatakan ada dua alternatif. Bisa dipusat keramaian masyarakat, atau di pusat kantor pemerintahan.

“Nanti tergantung Bupati. Yang jelas selain bisa dibangun di Jalan Merdeka (Kantor Satpol PP sekarang), atau, dipusat Pemerintahan di Jalan Pramuka,” ujarnya.

Revi menjelaskan, Mall Pelayanan Publik ini akan menampung tidak hanya pelayanan Pemkab saja. Tetapi juga pelayanan dari sejumlah Kantor Instansi Vertikal.

“Mulai dari pelayanan KTP-el, KK, Akte Kelahiran, pelayanan perizinan, pelayanan kepengurusan paspor, izin bea cukai, dokumen kapal, SKCK, dan semua bentuk pelayanan publik dari Pemkab Meranti, maupun dari Instansi Vertikal bisa dilayani disana,” terangnya.

Tujuannya, untuk memudahkan masyarakat Kepulauan Meranti yang mengurus segala dokumen dan perizinan. Sehingga masyarakat tidak perlu repot lagi.

“Konsepnya pelayanan satu pintu. Dengan begitu akan semakin memudahkan masyarakat kita,” ujarnya.

Di Pulau Sumatera, Kepala DPMPTSPTK ini menginformasikan baru ada di Kota Pekanbaru dan Batam saja. Jika bisa berjalan sesuai rencana, maka Meranti menjadi daerah ketiga di Pulau Sumatera yang memberikan pelayanan terpadu satu pintu ini.

“Mudah-mudahan bisa berjalan sesuai dengan harapan kita dalam upaya meningkatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat,” ucap Revi.

Kasubag Umum dan Perencanaan DPMPTSPTK, Raja Yusran menambahkan bahwa dalam perencanaan, Mall Pelayanan Publik akan dibangun dua lantai. Sehingga bisa menampung seluruh kantor peayanan yang ada di Meranti.

“Perencanaannya sudah selesai tahun ini. Tinggal dilakukan pembangunannya saja,”tambahnya.***
    

 

PenulisR24/mad


Loading...

loading...