riau24

Kabar Duka, Masjid Al Aqsha di Palestina Terbakar

Selasa, 16 April 2019 | 14:56 WIB
Masjid Aqsha di Palestina tampak dari kejauhan. Foto Ilustrasi/int Masjid Aqsha di Palestina tampak dari kejauhan. Foto Ilustrasi/int

RIAU24.COM -  Kebakaran terjadi pada bangunan Masjid Al Aqsha di Palestina, Senin 15 April 2019 waktu setempat. Meski tak menimbulkan kerusakan parah, namun kebakaran itu membahayakan bagian dari masjid yang sudah berusia lebih dari 2.000 tahun itu.

Menurut Departemen Wakaf Islam Masjid Al-Aqsha, api muncul dari kamar penjaga di luar ruangan salat al Marwani. Ruangan ini berada di bawah sudut tenggara Temple Mount, yang dikenal umat Islam sebagai Haram al-Sharif, yang berisi Kubah Batu dan Masjid Al-Aqsa. Saat ini, ruang berkubah bawah tanah digunakan sebagai ruang salat umat muslim.



BACA JUGA : Iran Tengah Rancang dan Produksi Tiga Rudal Cangih Baru Berbasis Udara

Menurut informasi yang dilansir republika, Selasa 16 April 2019, api diduga muncul dari anak-anak yang bermain di sekitar kawasan masjid.

Pemadam kebakaran departemen Wakaf Islam di Yerusalem berhasil mengendalikan api. Kawasan itu saat ini ditutup untuk memeriksa penyebab kebakaran Masjid Al-Aqsa, yang saat ini belum jelas.

Dilansir Sputnik, yang mengutip The New Arab, seorang penjaga melaporkan sempat ada kesenjangan rotasi penjagaan antara pukul 19.15 dan 19.30 waktu setempat.

Departemen Wakaf memuji aksi cepat tanggap yang diperlihatkan oleh para petugas pemadam kebakaran, yang dengan cepat menguasai api.

Masjid Al Aqsa menjadi salah satu masjid suci umat Islam. Selain Al Aqsa, ada Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah.



BACA JUGA : Ini Perjalanan Hidup Lady Gaga dan Barack Obama, yang Jarang Diketahui Orang


Dirilis liputan6, masjid yang memiliki kubah berwarna emas itu berdiri di kompleks Al-Haram Asy-Syarif di area seluas 14 hektare. Al Aqsa memiliki arsitektur indah yang terpancar dari kubah emas, dan perpaduan keramik biru di bagian luar masjid.

Di dalam kompleks tempat masjid Al Aqsa berdiri terdapat Dome of The Rock, yang diyakini sebagai tempat pijakan Nabi Muhammad dalam perjalanan Isra Miraj.

Masjid The Dome of The Rock inilah yang sering disangka sebagai Masjid Al Aqsa. ***

 

PenulisR24/wan


Loading...

loading...