riau24

Preview Liga Champions: Bila Ingin Menang, Ini yang Harus Dimatikan Juve dari Pemain Ajax

Selasa, 16 April 2019 | 15:25 WIB
Juventus harus siap mematikan pressing pemain Ajax bila ingin melaju di Liga Champions. Foto: int Juventus harus siap mematikan pressing pemain Ajax bila ingin melaju di Liga Champions. Foto: int

RIAU24.COM -  Leg kedua babak perempat final Liga Champions, juga akan mempertemukan Juventus yang akan kembali bentrok dengan Ajax Amsterdam. Duel kedua ini akan digelar di Allianz Stadium, Rabu 17 April 2019 dinihari nanti. Pada leg pertama, kedua tim  bermain imbang 1-1 saat laga di Amsterdam.

Meski kali ini bertindak sebagai tuan rumah, namun Sang Nyonya Tua diprediksi tak akan bisa mengalahkan Ajax dengan gampang. Bila ingin menang, ada syaratnya. Yakni, Bianconeri harus bisa mengatasi pressing Ajax.



BACA JUGA : Dipermalukan Everton, Manchester United Pulang Dengan Penuh Luka

Untuk diketahui, karena pressing yang ditunjukkan punggawa Ajax, Juventus sempat menghadapi masalah saat laga leg pertama. Ketika itu, Si Nyonya Tua kalah penguasaan bola dengan perbandingan cukup mencolok, 39 persen berbanding 61 persen.

Sedangkan dari segi tembakan, Juve malah kalah jauh. Ajax mampu melepas 19 tembakan dengan enam yang mengarah ke gawang. Sedangkan Juve cuma bikin tujuh tembakan dengan satu yang on target.

Selama ini, Juve memang kerap bertemu masalah besar dalam mengatasi pressing tinggi yang ditunjukkan lawan-lawannya. Dilansir detik, Selasa 16 April 2019, kondisi ini pernah terjadi saat Juve berhadap dengan AS Roma pada era Rudi Garcia, Tottenham Hotspur musim lalu dan yang terbaru, datang dari Genoa.

Jika Ajax kembali bermain dengan strategi yang sama, Leonardo Bonucci, Joao Cancelo, dan Miralem Pjanic akan sangat penting untuk Juve. Ketiganya harus dapat melepas operan yang tepat dan bermain dengan tenang untuk keluar dari pressing yang akan menjadi andalan Ajax.

Jika Juve tak bisa tenang dalam permainan, maka jangan terkejut melihat klub berjulukan de Godenzonen itu bakal berpesta di Turin. Bukan rahasia lagi, Ajax memang tidak takut bermain di kandang lawan mana pun.

Real Madrid adalah salah satu contoh yang mudah untuk diingat. Los Blancos yang sempat unggul 2-1 di markas Ajax, malah dilibas 1-4 di Bernabeu.



BACA JUGA : Juventus Juara Liga Italia, Ronaldo Jadi Satu-satunya Pesepakbola Yang Raih Rekor Ini

Dalam laga kali ini, Ajax masih dipusingkan dengan kondisi salah satu pilarnya, Frenkie De Jong. Gelandang 21 tahun itu ditarik keluar pada menit ke-28 saat Ajax mengalahkan Excelsior 6-2 pada Sabtu (13/4/2019) malam WIB.

Cedera itu menimbulkan keraguan apakah De Jong bisa main dalam leg kedua, meski masih ikut berlatih dengan Ajax di markas Juve.

Namun kondisi serupa juga tengah melanda Juve. Dalam laga kali ini, Sang Nyonya Tua harus kehilangan Giorgio Chiellini dan Mario Madzukic.

Namun Ajax masih memiliki Matthijs de Ligt. Dalam laga leg pertama, ia tampil oke dalam menjaga lini pertahanan Ajax. De Ligt juga mampu menyulitkan Ronaldo dalam melepaskan tembakan. Akibatnya, bintang Juve itu cuma bisa buat dua tembakan dengan satu yang mengarah ke gawang.

De Ligt satu kali lengah mengawal Ronaldo. Hasilnya memang fatal, karena gawang Ajax langsung bobol. ***


Perkiraan Susunan Pemain

Juventus: Szczesny; Cancelo, Bonucci, Rugani, Alex Sandro; Emre Can, Pjanic, Matuidi; Bernardeschi; Kean, Ronaldo.
Absen: Mandzukic (cedera lutut), Chiellini (betis), Caceres (paha), Perin (bahu)
Diragukan: Douglas Costa (paha)

Ajax: Onana; Veltman, De Ligt, Blind, Mazraoui; Schone, Van de Beek, De Jong; Ziyech, Tadic, Neres.
Absen: Bande (betis), Tagliafico (akumulasi kartu).
Diragukan: De Jong (hamstring)

PenulisR24/wan


Loading...

loading...