riau24

KPU Dumai Lakukan Pembetulan Kesalahan Input Formulir C1

Jumat, 19 April 2019 | 20:49 WIB
Ketua KPU Kota Dumai Darwis S.Ag/int Ketua KPU Kota Dumai Darwis S.Ag/int

RIAU24.COM -  DUMAI - Terkait adanya kesalahan input data yang dilakukan oleh operator sitem penghitungan (Situng) Kota Dumai di TPS 10 Kelurahan Laksamana, Kecamatan Dumai Kota, pada Kamis 18 April kemarin, pihak operator KPU Kota Dumai telah melakukan pembetulan terhadap kesalahan input data tersebut.

Ketua KPU Kota Dumai Dawis, S.Ag didampingi Komisioner KPU Kota Dumai Edi Indra, Siti Khadijah, Syafrizal dan Parno menjelaskan perihal tersebut, Jumat (19/4/2019) di Kantor KPU Kota Dumai.

“Terima kasih kami sampaikan kepada masyarakat yang telah memberikan masukan kepada kami, terkait adanya kesalahan input data pada formulir C 1 yang terjadi di TPS 10 Kelurahan Laksamana Kecamatan Dumai Kota, dan kesalahan input tersebut sudah berhasil dilakukan pembetulan,” terang Darwis.



BACA JUGA : Wali Kota Dumai Tersangka Suap, Ini Profil Singkat Zulkifli As

Ditambahkan Darwis, tekait pembetulan tersebut, masyarakat luas dipersilakan melihat langsung apa yang telah dilakukan itu.
Darwis membeberkan, kesalahan input yang dilakukan operator Situng KPU Dumai pada Kamis 18 April 2019  pukul 11.00 WIB, dimana saat itu  Operator situng melakukan pembukaan amplop formulir  C1 yang pada amplop tersebut tertulis Kecamatan Dumai Kota, kelurahan Laksamana TPS 10 dan dilakukan imput data lampiran C1 kelurahan tersebut  dengan jumlah perolehan suara masing-masing pasangan calon.

Diketahunya ada ketidak sesuaian antara data diinput dengan formulir C 1 setelah Pukul 22.54 WIB, karena mendapat informasi dari media sosial bahwa terjadi ketidak sesuaian data C1 dan data yang diimput oleh operator kami.

“Seketika itu juga dilakukan pengecekkan data yang diinput disandingkan dengan C 1 yang diterima. Ternyata benar adanya bahwa data yang diimput operator keliru, dimana untuk TPS 10 tersebut perolehan suara sah Pasangan Calon Presiden 02 seharusnya 141 ternyata yang terinput  41,” bebernya.



BACA JUGA : Masa Jabatan PJs Sekda Akan Berakhir, Pemko Buka Pendaftaran Baru

Atas kejadian ini operator melakukan pembetulan seketika itu dan saat ini data yang terinput di operator KPU pusat sudah sesuai dengan yang ada di formulir C 1.

Darwis selaku Ketua KPU Kota Dumai mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang telah memberikan masukan dan mengawal proses demokrasi ini.***


R24/pno/rls

PenulisR24/phi


Loading...

loading...