riau24

Diikuti Lebih dari 200 Peserta, PT CPI Adakan Pelatihan Kejuruan dan Wirausaha

Jumat, 26 April 2019 | 17:23 WIB
Foto bersama pihak PT Chevron Pacifik Indonesia (CPI), Dompet Dhuafa dan peserta pelatihan Kejuruan dan Kewirausahaan Foto bersama pihak PT Chevron Pacifik Indonesia (CPI), Dompet Dhuafa dan peserta pelatihan Kejuruan dan Kewirausahaan

RIAU24.COM - Sebanyak 200 lebih masyarakat akan mengikuti Kelas Orientasi dan Kewirausahaan dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia tempatan. Kelas tersebut merupakan bagian dari rangkaian tahapan Program Pelatihan Kejuruan dan Wirausaha yang dilakukan PT. Chevron Pacific Indonesia (PT CPI) sejak Desember 2018 lalu.

Pembukaan Kelas Orientasi dan Kewirausahaan ini dilakukan di Auditorium Politeknik Caltex Riau (PCR), Jumat, 26 April 2019. Acara itu juga dihadiri oleh perwakilan SKK Migas Sumbagut, Kepala Bidang Penempatan dan Pelatihan Disnakertrans Provinsi Riau Happy Yarlis, perwakilan Dinas Pendidikan Provinsi Riau Dr.Hj. Nila Resmita M.Pd, Direktur Institut Kemandirian Dompet Dhuafa Agus Abdurrahman Usman, dan Direktur
PCR Dadang Sihabuddin.

Kelas Orientasi ini bertujuan memperkuat motivasi dan pemahaman peserta terhadap tahapan pendidikan dan latihan (diklat) yang akan mereka ikuti selanjutnya. Sedangkan Kelas Kewirausahaan bertujuan memberikan pemahaman seputar dunia wirausaha, termasuk bagaimana cara memulai dan menjalankannya.

”Program yang kami laksanakan ini tidak hanya menyentuh masalah keterampilan teknis, tapi juga berupaya memupuk motivasi dan menyiapkan mental para peserta agar menjadi wirausahawan yang gigih,” kata Sr. VP Corporate Affairs PT CPI Wahyu 
Budiarto.


BACA JUGA : Syamsuar Sebut Belum Ada ASN Minta Izin Ikuti Aksi 22 Mei

Bidang keterampilan yang tercakup dalam program ini adalah menjahit, pengolahan pangan, komputer, bengkel motor, dan pengelasan. Peserta program akan bertambah sesuai target yang telah ditetapkan, yakni sekitar 300 peserta. Para peserta berasal dari berbagai kabupaten/kota di sekitar wilayah operasi PT CPI di Provinsi Riau.

Melalui Program Pelatihan Kejuruan dan Wirausaha, PT CPI ingin mendorong kemandirian dan peluang kewirausahaan masyarakat. PT. CPI menggandeng Institut Kemandirian Dompet Dhuafa sebagai mitra pelaksana program yang akan berlangsung hingga Agustus 2019 ini.

Tahapan yang dijalankan program ini adalah penilaian awal, sosialisasi, rekrutmen dan seleksi, diklat kejuruan, magang, pelepasan/wisuda dan job training. Kelas Orientasi dan Kewirausahaan dilaksanakan bagi peserta yang hendak memasuki tahapan diklat dan magang. 

Program Pelatihan Kejuruan dan Wirausaha merupakan bagian dari program investasi sosial PT. CPI di bidang pemberdayaan ekonomi. Selain pemberdayaan ekonomi, bidang-bidang lain yang menjadi tokus program investasi sosial PT. CPI adalah Kesehatan, Pendidikan dan Pelatihan Kejuruan, serta Ungkungan dan Keanekaragaman Hayati.


BACA JUGA : Buka Bersama Pimpinan Media, Rektor Ungkap Target yang akan Diraih UIR Tahun Ini

Untuk diketahui bersama, PT. CPI merupakan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dari Pemerintah Indonesia yang mengoperasikan Blok Rokan di Riau. Dalam mengoperasikan blok migas, PT. CPI bekerja di bawah pengawasan dan pengendalian SKK Migas.

Dengan inovasi dan komitmen karyawan yang sangat terampil dan berdedikasi, PT. CPI menjadi salah satu produsen minyak mentah terbesar di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan energi dalam menunjang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Infonnasi lebih lanjut mengenai operasi PT. CPI di Indonesia dapat diakses melalui www.indonesia.chevron.com.

PenulisR24/ibl


Loading...

loading...