riau24

Daun Salam Dapat Obati Asam Urat Ternyata Tidak Terlalu Efektif, ini Penjelasan Dokter

Jumat, 10 Mei 2019 | 10:02 WIB
ilustrasi/int ilustrasi/int

RIAU24.COM - Banyak cara untuk mengobati penyakit untuk mengobati asam urat secara alami, salah satunya adalah dengan daun salam. Lantas seberapa efektifkah daun salam tersebut?

Untuk diketahui, asam urat adalah penyakit yang terjadi ketika terjadi peradangan akibat penumpukan kristal monosodium urat pada sendi dan jaringan di sekitarnya. Selain disekitar sendi, kristal asam urat juga cenderung terbentuk di area organ ginjal.

Tanda dan gejala asam urat biasanya sering muncul mendadak ketika malam hari. Biasanya, gejala sangat terasa selama 12-14 jam dan akan mereda dalam waktu kurang lebih 2 minggu. Dikarenakan dapat mengganggu aktivitas, banyak orang yang mencoba untuk mengatasinya dengan bahan-bahan alami.


BACA JUGA : Tak Bikin Lemes, 2 Olahraga ini Bisa Dilakukan Saat Puasa

Cara konsumsi daun salam untuk mengobati asam urat adalah adalah direbus, lalu air rebusan daun salam tersebut diminum. Selain tersedia juga dalam bentuk kapsul.

Sampai saat ini, pemanfaatkan daun salam untuk pengobatan asam urat masih simpang siur. Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, daun salam tidak terlalu efektif dalam penyembuhan asam urat. Ia menyebut bahwa daun salam bukanlah penyembuh, melaikan pengobatan pendamping untuk meradakan gejala yang muncul.

"Tidak efektif! Asam urat itu diatasinya dengan perubahan pola hidup, dalam hal ini diet rendah purin dan obat dari dokter. Penderita asam urat perlu minum obat sesuai anjuran saat serangan berlangsung, yaitu kolkisin. Kalau untuk sehari-hari biasanya allopurinol,” kata dr. Sepriani.


BACA JUGA : Heboh Cacar Monyet, Ini Data dan Fakta Yang Harus Anda Ketahui

"Sah saja konsumsi daun salam, tetapi cara tersebut tidak dapat mengatasi asam urat, pengobatannya hanya bersifat pendamping,” tuturnya yang dilansir dari klikdokter.com.

PenulisR24/ibl


Loading...

loading...