riau24

Bagi Penderita Diabetes, Kalau Temukan Tanda-tanda Ini, Segera Batalkan Puasa

Jumat, 10 Mei 2019 | 11:13 WIB
Ilustrasi Ilustrasi

RIAU24.COM -  Para penderita diabetes, sebenarnya sanggup melaksanakan ibadah puasa Ramadan. Namun, bila sudah menemukan tanda-tanda atau gejala seperti yang disebutkan di bawah ini, mereka diminta harus segera menghentikan puasa. Karena bila tidak, justru kesehatan mereka yang akan terancam.

Berpuasa selama Ramadan, menjadi tantangan tersendiri bagi penderita diabetes. Hal ini karena mereka harus mengubah pola makan dan mengontrol kadar gula agar tidak terjadi hipoglikemik atau hiperglikemik.



BACA JUGA : Tak Bikin Lemes, 2 Olahraga ini Bisa Dilakukan Saat Puasa

Menurut spesialis penyakit dalam, Prof Dr dr S Soegondo, SpPD, KEMD, FINASIM, pasien diabetes diingatkan untuk tidak memaksakan kondisinya jika memang tidak memungkinkan.

Sehingga, bila menemukan beberapa tanda seperti ini, penderita diabetes sebaiknya membatalkan puasanya.

"Kalau keringat dingin, baju basah, berdebar, muncul rasa lapar mual itu hati hati itu gejala hipoglikemik, itu sebaiknya batalin saja langsung segera, meski pun waktu berbuka tinggal beberapa saat lagi, " terangnya, saat diskusi media, Kamis 9 Mei 2019.

Menurutnya, hal ini harus diperhatikan secara serius, sebab jika dilanggar akan berbahaya dan bahkan bisa mengancam nyawa penderita diabetes tersebut.



BACA JUGA : Heboh Cacar Monyet, Ini Data dan Fakta Yang Harus Anda Ketahui

"Kemudian juga kalau minum obat ada gejala hipoglikemik langsung dibatalin. Baru nanti dipikir kenapa bisa hipoglikemik, apa sahur kurang, atau suntikan insulinnya kebanyakan,"kata dia.

Dengan demikian, terangnya, semua hal tersebut bisa disesuaikan. Sehingga, penderita diabetes bisa kembali berpuasa pada keesokan hatinya. ***

PenulisR24/wan


Loading...

loading...