riau24

Serahkan Bantuan, Rektor UIR Awali Safari Ramadhan di Mesjid An-Naba

Minggu, 12 Mei 2019 | 04:34 WIB
Safari Ramadhan Rektor UIR di Mesjid An Naba Safari Ramadhan Rektor UIR di Mesjid An Naba

RIAU24.COM -  PEKANBARU - Rektor Universitas Islam Riau Prof. Dr. H. Syafrinaldi, SH, MCL memulai kegiatan safari Ramadhan hari pertama  di Masjid An Naba Jalan Amanah Kelurahan Maharatu Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru.

Safari yang berlangsung, Sabtu malam (11/5), dihadiri Wakil Rektor II Asrol, Wakil Rektor III Rosyadi, Sekretaris LDIK Aprizal Anton Chandra, Dekan FKIP Alzaber, Kepala BAU&P H Zakir Has, Kepala BAAK Akmar Efendi, Kepala Biro Keuangan Azwirman, Kepala BHE Ardiansyah, Sekretaris BPPA Fahridar Hasibuan dan Kepala Bagian Humas dan Protokoler Syafriadi.

Rektor mengajak jemaah An Naba memanfaatkan Bulan Ramadhan dengan beribadah semaksimal mungkin. Mengamalkan nilai-nilai kebaikan dan saling memberi tausiyah kepada sesamanya. ''Allah menciptakan kita bersuku-suku dan berbangsa-bangsa tujuannya tidak lain agar kita saling mengenal dan menjaga tali silahturahmi'', ujar Syafrinaldi. 

Ia sekaligus meminta maaf kepada jemaah, karena sejak UIR berdiri baru dua tahun terakhir kegiatan safari Ramadhan dapat dilakukan pihaknya. Harusnya, kata Rektor, safari ke An Naba dilakukan tahun lalu. Tetapi karena sesuatu dan lain hal baru Ramadhan 1440 H bisa mewujudkannya.

''Saya menitipkan mahasiswa UIR kepada pengurus dan jemaah masjid. Khususnya mahasiswa yang ngekos di lingkungan sini. Bila ada perilaku mereka yang tidak sesuai dengan nilai-nilai agama, adat dan kesopanan mohon ditegur. Atau disampaikan langsung ke kami. Dengan senang hati kami memanggil mahasiswa bersangkutan,'' ujar Syafrinaldi.

Safari Rektor ke An Naba merupakan rangkaian kegiatan keagamaan Rektor bersama jajaran. Menurut rencana, Syafrinaldi akan bersafari selama Ramadhan di lima masjid. Setelah An Naba, giliran berikutnya Masjid Al Jariah, Rabu (15/5). Kemudian Masjid Al Sodiqin, Jum'at (17/5), Masjid di Jalan Aur Kuning, Senin (20/5) dan Masjid Al Iksan Jalan Karya Satu Ujung pada Sabtu (24/5). Di setiap safari, Rektor menyerahkan bantuan uang Rp 3 juta dan sejumlah al Qur'an untuk dapat dimanfaatkan oleh takmir masjid. Sebelum bantuan diserahkan, Rektor dan jajaran berkesempatan mendengarkan kajian Ramadhan yang disampaikan al Ustadz Dr Zul Afdhal, MP.d.

Sekretaris LDIK Afrizal Anton Candra menyebutkan, kegiatan safari Rektor dan jajaran adalah program tahunan dari Lembaga Dakwah Islam Kampus yang sudah berjalan dua tahun. Dampak positif acara ini, selain untuk keperluan ibadah di bulan suci juga bersilaturrahim dengan pemuka masyarakat dan jemaah-jemaah masjid. Terutama masjid-masjid yang berdomisili di seputaran kampus.

''Kita manfaatkan bulan suci bertemu dengan warga. Sekaligus menyampaikan pesan-pesan khusus terkait dengan keberadaan mahasiswa UIR. Pada masjid-masjid yang kita kunjungi banyak sekali mahasiswa UIR yang ngekos. Mereka perlu juga kita lihat-lihat dan kita titipkan kepada jemaah. Maklumlah anak-anak zaman milenial sekarang banyak ragam dan perilakunya. Kita dorong mereka supaya menjadi pelopor kegiatan-kegiatan imarah  khususnya di masjid tempat mereka tinggal,'' ungkap Dosen Fakultas Hukum yang dipanggil Anton itu.***

 

R24/rls

 
PenulisR24/saut


Loading...

loading...