riau24

Ini Pria yang Memberi Nama Iwan Fals, Sekarang Telah Tiada

Minggu, 12 Mei 2019 | 23:28 WIB
Rudi Djamil Rudi Djamil

RIAU24.COM -  Artis sekaligus pelawak Indonesia, Rudi Djamil, tutup usia di Rumah Sakit Al-Islam Kota Bandung, Minggu 12 Mei 2019 malam ini, pada umur 73 tahun. Mungkin tidak banyak yang tahu, pria inilah yang memberi nama Iwan Fals kepada penyanyi Virgiawan Listyanto. Saat ini, mungkin tidak ada pecinta musik di Tanah Air, yang tidak kenal dengan sosok penyanyi tersebut.

Pria yang populer dengan peran Joni Kemod di film Kabayan dan Gadis Kota tersebut, sejak dua pekan terakhir dirawat karena mengalami komplikasi. Setelah berjuang melawan sakit, Yang Maha Kuasa pun memanggil hambaNya itu kembali.



BACA JUGA : Marak Penangkapan Jelang Aksi 22 Mei, Fahri Ingatkan Rakyat Bakal Melawan Balik

"Iya (meninggal) karena sakit, dua minggu dirawat di RS Al-Islam. (Sakitnya) sudah sepuh tapi memang ada sakit paru-paru, jadinya komplikasi ke yang lain. Awalnya dari situ terus merembet ke yang lain," ujar Randika Trihasta Djamil, putra ketiga almarhum, dilansir republika.

Perihal pemberian nama Iwan Fals tersebut, Randika juga membenarkannya. Dikatakan, dari cerita yang pernah disampaikan sang ayah kepada dirinya, nama Iwan Fals tersebut terjadi saat ayahnya tengah memandu acara dan terdapat seseorang yang hendak bernyanyi.

Namun ayahnya menyebut jika sosok yang akan menyanyi tersebut akan fals. "Almarhum lagi jadi MC di acara, terus Kang Iwan mau manggung, terus dibecandain Iwan fals. (Karena) nyanyinya fals terus itu dipakai sampai sekarang," tuturnya.



BACA JUGA : Jubir BPN: Habis Tarawih Prabowo Jenguk dan Bawa Makanan Untuk Lieus Sungkharisma

Menurut rencana, almarhum akan dimakamkan pada Senin (13/5) besok pukul 09.00 di Rancacili, Cipamokolan, Kota Bandung.

"Banyak yang melayat, alhamdulillah. Ada kang Iszur Muchtar (P Project) dan Kang Iyang datang," katanya.

Baginya dan anak-anaknya yang lain, sosok almarhum merupakan ayah yang selalu disiplin dan selalu mengajarkan anaknya untuk berusaha dalam segala hal.

Ia kemudian bercerita, sebelum sakit dan dirawat, ayahnya masih beraktivitas bersama organisasi yang dikembangkannya dan sering berkumpul bersama teman-teman seniman lainnya. Hingga akhir hayatnya, ia mengatakan sosok almarhum masih sering bercanda ke banyak orang.

Pesan terakhir yang disampaikan almarhum kepada anak-anaknya, ia mengungkapkan harus saling menjaga antar keluarga dan jujur serta selalu menjadi orang baik.

"Harus menjaga sebagai keluarga adik kakak. Hubungan harus baik, jujur dan selalu menjadi orang baik," tuturnya. ***

 

PenulisR24/wan


Loading...

loading...