riau24

Kemenkes Ungkap 13 Penyakit Ini Jadi Penyebab Meninggalnya Petugas KPPS Selama Pemilu

Senin, 13 Mei 2019 | 00:13 WIB
Warga mengusung jenazah petugas KPPS yang meninggal di Bekasi. Foto: int Warga mengusung jenazah petugas KPPS yang meninggal di Bekasi. Foto: int

RIAU24.COM -  Kementerian Kesehatan mengungkapkan, ada 13 jenis penyakit yang diduga menjadi penyebab meninggalnya ratusan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), selama perhelatan Pemilu berlangsung.

Diterangkan, temuan Kemenkes itu setelah dilakukan investigasi di 15 provinsi. Sedangkan dari sisi usia, kebanyakan petugas KPPS yang meninggal berada pada rentang usia 50 hingga 59 tahun.



BACA JUGA : Sah,, KPU Tetapkan Pasangan Jokowi-Ma'ruf Menang Pilpres 2019

13 penyakit tersebut adalah infarct myocard, gagal jantung, koma hepatikum, stroke, respiratory failure, hipertensi emergency, meningitis, sepsis, asma, diabetes melitus, gagal ginjal, TBC, dan kegagalan multiorgan.

Dikutip kompas dari antara, Minggu 12 Mei 2019, selain penyakit di atas, ada juga petugas KPPS yang meninggal karena kecelakaan.

Jumlah korban meninggal di DKI Jakarta tercatat sebanyak 22 jiwa, Jawa Barat 131 jiwa, Jawa Tengah 44 jiwa, Jawa Timur 60 jiwa, Banten 16 jiwa, Bengkulu tujuh jiwa, Kepulauan Riau tiga jiwa, Bali dua jiwa, Kalimantan Selatan delapan jiwa. Kemudian, Kalimantan Tengah tiga jiwa, Kalimantan Timur tujuh jiwa, Sulawesi Tenggara enam jiwa,  Kalimantan Selatan 66 jiwa, dan Sulawesi Utara dua jiwa.

Terkait temuan itu, Sekjen Kemenkes Oscar Primadi mengatakan, perlu dievaluasi soal padatnya tugas petugas KPPS. Selain itu, sebelum bertugas, harus dipastikan seorang petugas KPPS mempunyai kondisi kesehatan yang baik. ***

PenulisR24/wan


Loading...

loading...