riau24

Minum Air Rendaman Bumbu Dapur ini, Dapat Obati 5 Penyakit

Senin, 13 Mei 2019 | 09:37 WIB
Ilustrasi Ilustrasi

RIAU24.COM - Biji ketumbar merupakan salah satu bumbu rempah dan bumbu dapur yang memiliki rasa yang khas. Ketumbar sendiri juga memiliki aromanya yang wangi dan bisa untuk menambah sedapnya masakan. Selain itu, biji ketumbar juga bisa dimanfaatkan sebagai obat.

Ketumbar juga menjadi sumber kalium, zat besi, vitamin A, K, dan C, asam folat, magnesium, dan kalsium yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Seperti dilansir dari Jawapos.com, Sabtu, 11 Mei 2019, meminum air biji ketumbar yang direndam atau direbus terbukti efektif mengobati beberaoa penyakit.


BACA JUGA : Tak Bikin Lemes, 2 Olahraga ini Bisa Dilakukan Saat Puasa

1. Obat Gangguan Pencernaan
Baik biji ketumbar dan daun ketumbar segar dapat membantu pencernaan yang sehat. Caranya adalah rendam segenggam biji ketumbar dalam air selama sehari. Saring bijinya dan minum air ketumbar saat perut kosong. Minumlah setiap hari untuk menyembuhkan gangguan pencernaan.

Biji ketumbar memiliki sifat antioksidan dan serat makanan yang meningkatkan fungsi hati yang sehat dan memfasilitasi pergerakan usus. Ketumbar dapat membantu dalam produksi enzim pencernaan yang memudahkan proses pencernaan. Jika menderita gangguan pencernaan dan perut kembung, masukkan biji ketumbar dalam makanan.

2. Obat Pilek Dan Flu
Dengan menambahkan ketumbar dalam makanan atau minum rendamannya dapat menjaga daya tahan tubuh dari flu. Kandungan vitamin C di dalamnya adalah antioksidan kuat yang sangat penting untuk tubuh dan kulit yang sehat.

Ketumbar memiliki banyak vitamin esensial seperti asam folat, vitamin A, dan beta-karoten, dan yang terpenting, vitamin C. Penelitian telah menunjukkan bahwa daun ketumbar dan bijinya mengandung hampir 30 dari jumlah vitamin C harian yang direkomendasikan.


BACA JUGA : Heboh Cacar Monyet, Ini Data dan Fakta Yang Harus Anda Ketahui

3. Obat Antidiabetes
Ketumbar dapat menjadi obat antidiabetes, caranya adalah rendam segenggam biji ketumbar semalaman. Pagi berikutnya, saring airnya dan minumlah. Jika menderita diabetes dan masalah kolesterol, Anda harus minum air ketumbar setiap hari. Namun konsultasikan dulu dengan dokter.

Cara tersebut membantu menurunkan glukosa darah, sehingga menjaga kadar gula darah yang sehat. Minum air biji ketumbar mengurangi jumlah LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan jumlah HDL (kolesterol baik) dalam darah.

4. Obat Penyakit Bakteri
Banyak makanan dan penyakit yang ditularkan melalui air seperti kolera, tipus, keracunan makanan, disentri. Hal itu dikarenakan oleh bakteri (salmonella). Asupan air biji ketumbar secara teratur melindungi dari penyakit yang berasal dari makanan karena sifat antibakterinya.

Selain minum airnya, anda bisa juga menambahkannya dalam makanan. Biji ketumbar dalam makanan biasa dapat mencegah infeksi bakteri terutama dari salmonella. Biji ketumbar mengandung konsentrasi yang tinggi sebagai antibiotik melawan salmonella.

5. Obat Anemia
Terakhir, ketumbar dapat menjadi obat Anemia terjadi akibat defisiensi besi dan berdampak negatif pada efisiensi transportasi oksigen oleh darah. Biji ketumbar membantu mengatasi defisit zat besi. Biji ketumbar mengandung banyak vitamin dan mineral penting, termasuk zat besi, yang membantu mencegah anemia. Maka rutinlah minum airnya.

PenulisR24/ibl


Loading...

loading...