riau24

Ini Tips Agar Bisa Khatam Alquran Dalam 30 Hari Selama Ramadhan

Senin, 13 Mei 2019 | 18:00 WIB
Foto (internet) Foto (internet)

RIAU24.COM -  Setiap amalan akan dilipat gandakan termasuk tilawah Al Qur’an pada bulan Ramadhan. Sebenarnya sangat mudah untuk mengkhatamkan Al Qur’an dalam satu bulan. Berikut tips mudah khatam Al Qur’an dalam 30 hari selama Bulan Ramadhan.

1. Konsisten dan Semangat

Mengkhatamkan Al Qur’an dalam waktu 30 hari merupakan anjuran langsung dari nabi. Beliau memerintahkan umatnya untuk membaca Al Qur’an dalam waktu satu bulan. Sahabat Rasulullah bahkan “memprotesnya”, namun bukan karena waktu yang singkat melainkan karena satu bulan terlalu panjang bagi mereka untuk mengkhatamkan ayat suci.

Zxc1

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al Ash, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Bacalah (khatamkanlah) Al Quran dalam sebulan.” Ibnu ‘Amr lalu berkata, “Aku mampu menambah lebih dari itu.” Beliau pun bersabda, “Bacalah (khatamkanlah) Al Qur’an dalam tujuh hari, jangan lebih daripada itu.” (HR. Al Bukhari).

Masya Allah, betapa semangatnya shahabat dalam melakukan amal saleh. Tentu mereka adalah panutan kita. Hanya mengkhatamkan Al Qur’an di Bulan Ramadhan saja sudah cukup memalukan. Maka apa jadinya jika di Bulan Ramadhan saja, kita tak sanggup mengkhatamkan kitabullah meski hanya satu kali.

2. Mengaji Setiap Waktu Shalat

Terdapat 30 Juz dalam kitabullah yang mana setiap juznya terdiri dari 20 halaman atau 10 lembar. Agar khatam Al Qur’an dalam sebulan, buatlah target mengaji di setiap waktu shalat wajib yang lima. Dalam satu hari, cukup membaca satu juz saja atau 10 lembar dibagi 5 waktu shalat fardhu.

Artinya, cukup membaca 2 lembar Al Qur’an di setiap waktu shalat. Tentu sangat mudah melakukannya. Jika masih terasa berat, maka dapat membaginya dengan membaca satu lembar sebelum shalat dan selembar lagi seusai shalat.
Untuk membaca satu lembar atau dua halaman Al Qur’an, hanya membutuhkan waktu sekitar 5-10 menit saja. Jika konsisten melakukannya, maka khatam Al Qur’an dalam satu bulan bukanlah perkara yang memberatkan.

3.Jika Ingin Lebih

Ketika Al Qur’an sudah di hati dan menjadi sahabat karib, mengkhatamkan Al Qur’an bukanlah hal yang menyusahkan lagi memberatkan. Sebaliknya, lisan terasa kelu dan hati terasa hampa jika seharian tak membaca Al Qur’an. Berikut tips untuk mengkhatamkan Al Qur’an lebih dari satu kali dalam 30 hari.

Jika ingin khatam tiga kali dalam sebulan, maka bacalah tiga juz atau 30 lembar setiap harinya. Bagilah per lembarnya setiap waktu shalat. Maka, di setiap waktu shalat, bacalah 6 lembar Al Qur’an.

Bagi yang terbiasa membaca One Day One Juz di luar Ramadhan, target khatam tiga kali di bulan suci bukanlah hal mustahil. Ini bahkan standar bagi sebagian muslim dan muslimah di setiap Bulan Ramadhan. Kuatkan azzam (tekad) dan yakinlah kamu bisa melakukannya.

Zxc2

Adapun jika merasa 3 juz terlalu berat, namun 1 juz terlalu ringan, cobalah opsi lain yakni dengan mengkhatamkan Al Qur’an dua kali dalam 30 hari Ramadhan. Caranya dengan membaca dua juz atau 20 lembar Al Qur’an setiap hari. Jika dibagi lima kali shalat fardhu, maka cukup membaca 4 lembar saja setiap waktu shalat. Lebih mudah lagi jika membaginya dalam dua waktu, yakni 2 lembar sebelum shalat dan 2 lembar seusai shalat.


Sumber: Muslimahdaily

PenulisR24/riko


Loading...

loading...