riau24

Jelang Pengumuman Hasil Pilpres, Wiranto Minta Pemda Cegah Massa ke Jakarta

Kamis, 16 Mei 2019 | 17:45 WIB
Wiranto Wiranto

RIAU24.COM -  Jelang KPU mengumumkan hasil Pemilu 2019, Menkopolhukam Wiranto meminta kepada jajaran pemerintah daerah (pemda) dan perangkat keamanan daerah untuk mencegah adanya aliran massa ke Jakarta. Pencegahan ini sebagai upaya mengurangi risiko konflik di Ibu Kota.



BACA JUGA : Polisi: Massa Aksi Bawaslu Pada Malam Hari tak Sama dengan yang Siang

"Dari daerah tolong, Forkompimda, Pangdam, Kapolda, jangan biarkan masyarakat keluar daerah menuju Jakarta. (Permasalahan) selesaikan di sana (daerah),"ujar Wiranto di Hotel Grand Paragon, Jakarta Barat, melansir dari Kumparan Kamis 16 Mei 2019.

"Kepala desa, Bhabinkamtibmas, Danramil, Babinsa, ya, selesaikan di sana," sambungnya.

Wiranto mengungkapkan terjadinya penumpukan massa di Jakarta karena adanya kecenderungan pemda tak bisa membendung masyarakat ke Jakarta. Karena itu, kata Wiranto, harus ada sinergi dari pusat dan daerah untuk mencegah adanya potensi konflik.

"Jelaskan ke masyarakat, enggak perlu ke sana (Jakarta). Pemilu sudah selesai, sudah ada hasilnya, percuma ke sana. Puasa lagi. Sahurnya di mana, bukanya di mana. Mereka mikir pasti. Seperti itu," ungkap Wiranto.



BACA JUGA : Ucapkan Selamat, SBY Singgung Komitmen Jokowi yang Satu Ini

Ia mengingatkan saat ini KPU tengah menjalankan rekapitulasi suara tingkat nasional dan prosesnya masih berjalan. Namun, apabila ditemukan kecurangan atau hal-hal yang menyimpang, Wiranto meminta disampaikan melalui mekanisme hukum yang berlaku.

PenulisR24/riko


Loading...

loading...