riau24

Meski Diancam Amerika, Turki Siap Terima Rudal S-400 Rusia Setiap Saat

Jumat, 17 Mei 2019 | 21:45 WIB
Foto (internet) Foto (internet)

RIAU24.COM -  Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan negaranya siap menerima sistem pertahanan rudal S-400 yang dibeli dari Rusia setiap saat setelah Moskow melakukan pengiriman. 

"Kami akan menerima segera setelah Rusia siap mengirimkannya. Setiap saat," kata Cavusoglu di sela-sela pertemuan para menteri Eropa di Helsinki, Finlandia, seperti dikutip dari Sindonews mengutip Sputnik, Jumat 17 Mei 2019.



BACA JUGA : Militer Iran kepada AS: Jangan Macam-macam

Memang kerja sama Rusia-Turki dalam pengiriman S-400 dikritik oleh NATO dan Amerika Serikat (AS), yang telah mengutip masalah keamanan dan ketidakmampuan integrasi antara S-400 dengan sistem pertahanan udara NATO.

Washington berpendapat mengintegrasikan S-400 dengan tentara NATO dapat membantu Moskow mengumpulkan data intelijen tentang kemampuan pesawat tempur F-35 generasi berikutnya, yang diproduksi oleh pabrikan Turki.

AS telah memperingatkan bahwa jika Turki menyelesaikan pembelian S-400 yang bernilai lebih dari USD2 miliar, negara itu bisa dikeluarkan dari program F-35. Turki juga menghadapi sanksi di bawah dua undang-undang: Magnitsky Act dan CAATSA, yang memungkinkan hukuman entitas yang melakukan bisnis dengan Rusia.



BACA JUGA : Puluhan Peserta Yoga Ditangkap Polisi Iran, Gara-gara Pakai Baju Tak Pantas

PenulisR24/riko


Loading...

loading...

Terpopuler