riau24

Tembakkan Rudal Balistik, Pemberontak Houthi Kembali Coba Hancurkan Makkah

Selasa, 21 Mei 2019 | 10:09 WIB
ilustrasi ilustrasi

RIAU24.COM -  JEDDAH - Pemberontak Houthi Yaman kembali mencoba menghancurkan Baitullah, Makkah dengan meluncurkan rudal balistik pada hari Senin. Selain Makkah, sebuah rudal lagi mengarah ke kota Jeddah.
Untungnya Pasukan pertahanan udara Arab Saudi berhasil menembak jatuh dua rudal balistik tersebut dan jatuh di dekat Taif, sekitar 50 kilometer dari Makkah.

"Pasukan memantau sasaran udara yang terbang di atas daerah terlarang di Jeddah dan provinsi Taif, dan ditangani sebagaimana mestinya," kata juru bicara Koalisi Arab Turki Al-Maliki, seperti dikutip Al-Arabiya, Selasa (21/5/2019).

Terkait serangan itu, pemerintah Yaman mengatakan bahwa mereka sangat mengutuk upaya Houthi untuk menargetkan Makkah. Pemerintah Yaman menegaskan serangan terhadap situs suci umat Islam adalah "tindakan teroris".

Meski kedua rudal balistik ditembak jatuh saat berada di dekat Taif, namun menurut laporan Al-Arabiya, puing-puing rudal tersebut mendarat di Wadi Jalil, sebuah desa Makkah.

Upaya milisi Houthi untuk menargetkan kota suci Makkah ini merupakan yang kedua. Sebelumnya pada bulan Maret, milisi Houthi Yaman memperingatkan bahwa mereka dapat melancarkan serangan terhadap ibu kota Arab Saudi dan Uni Emirat Arab.

Milisi Houthi yang dituduh memiliki hubungan dengan Iran telah menargetkan kota-kota perbatasan Saudi dan Riyadh dengan rudal balistik. Di masa lalu, kelompok itu juga mengklaim pernah melakukan serangan pesawat tak berawak ke bandara Abu Dhabi dan Dubai. ***

 

R24/bara

PenulisR24/saut


Loading...

loading...