riau24

Bupati Mursini Safari Ramadhan di Masjid Tertua Empat Koto Gunung

Selasa, 21 Mei 2019 | 17:51 WIB
Bupati H. Mursini saat pelaksanaan Safari Ramadhan di Masjid Baitul Hamdi Desa Toar Guntor/zar  Bupati H. Mursini saat pelaksanaan Safari Ramadhan di Masjid Baitul Hamdi Desa Toar Guntor/zar

RIAU24.COM -  TELUK KUANTAN - Bupati Kuantan Singingi Drs. H. Mursini, M.Si melakukan Safari Ramadhan di MAsjid Baitul Hamdi Desa Toar Kecamatan Gunung Toar, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, Senin (20/5) malam.

"Masjid Baitul Hamdi ini, merupakan masjid tertua di Empat Koto Gunung Kecamatan Gunung Toar, yang dibangun di era tahun 1890 Masehi atau sudah berusia lebih dari 100 tahun," ungkap Bupati Kuansing Drs. H. Mursini, M.Si saat mengawali pidatonya dalam sambutan Safari Ramadhan Tahun 1440 Hijriyah atau 2019 Masehi.

Menurutnya, masjid ini sudah ada sebelum saya lahir dan bahkan sudah ada sebelum kakek saya lahir. Bahkan menurut ceritanya, Masjid Baitul Hamdi ini sudah tiga kali dilakukan pemugaran, yang awal berdirinya dahulu masih berdinding papan dan bertiang kayu, yang selanjutnya dipugar sampai tiga kali seperti sekarang.



BACA JUGA : Perbaikan Jalan Masuk Pasar Modern, Dinas PUPR Turunkan Alat Berat

Safari Ramadhan Pemkab Kuansing ini, dihadiri oleh Forkopimda, Wakil Ketua DPRD Sardiyono, Staf Ahli, Asisten, Inspektorat, Kepala Badan, Kepala Dinas, Kepala Kantor, Sekretaris, Kepala Bagian, Kepala Bidang, Camat, Kapolsek, Koramil, Korwil, Kades, BPD, Tokoh Masyarakat dan para Jemaah Gunung Toar yang mencapai ratusan orang," Sebutnya.

Melalui Safari Ramadhan 1440 Hijriyah ini, diharapkan sebagai salah satu upaya untuk menjalin silaturahmi, antara Pemkab dengan masyarakat Kuansing khususnya masyarakat Kecamatan Gunung Toar. Sekaligus sebagai upaya menampung aspirasi masyarakat, demi kemajuan Kuansing dimasa yang akan datang.

Disebutkan Mursini, pada tahun 2019 ini, kegiatan pembangunan yang akan dilaksanakan di Gunung Toar antara lain : Revitalisasi SDN 011 Pulau Mungkur, Perbaikan Sarana Pendidikan SDN dan SMPN, Pembangunan Ruang Pustaka, Pengadaan Buku Pengayaan Pendidikan di SD, Pengadaan Buku koleksi pustaka.

Selanjutnya Pengadaan Alat Laboratorium SMPN 3 Toar, Pembangunan MCK dan Pemasangan Jaringan Listrik di Ponpes Nurul Iman Kampung Baru, Pembangunan Gedung Baru SMPN 2 dan SMPN 3 Toar (melalui Dana Alokasi Khusus), dan Rehabilitasi Puskesmas," paparnya.



BACA JUGA : Sempena HUT Bhayangkara, Polres Kuansing Gelar Bakti Sosial dan Anjangsana

Kemudian Peningkatan Jalan Balai Pertanian, Jalan menuju Rawat Inap Guntor, Pembangunan jaringan irigasi Desa Teberau Panjang dan Pulau Rumput, Pembangunan Sumur Bor Desa Koto Gunung, Pembangunan Kantor Desa Teberau Panjang, Perbangunan Drainase, Turap tebing Sungai Kuantan, dan Bantuan Bibit Kelapa Sawit," Ujarnya.

Sebelumnya, Camat Gunung Toar, Delfides Gusni, SP, MP mengusulkan beberapa skala prioritas yaitu Pembangunan Turap SDN Kampung Baru (100 Meter), Pembangunan Turap Sungai Kuantan Desa Pisang Berebus (150 Meter), Desa Lubuk Terentang (200 Meter).Rehab SDN Seberang Gunung, Rehab SDN 005 Teberau Panjang, Pengaspalan Jalan ke Bendungan Petapahan (1 Km), Pengaspalan Jalan Desa Toar (2 Km),

" Kita juga mengusulkan Pembangunan Kantor Desa , di Desa Siberobah, Desa Koto Gunung dan Desa Seberang Gunung," pungkasnya.***


R24/zar

PenulisR24/zar


Loading...

loading...