riau24

Selain Mesin, Komponen yang Satu ini Wajub Untuk Diperiksa saat Lewati Tol

Rabu, 05 Juni 2019 | 11:04 WIB
Ilustrasi Ilustrasi

RIAU24.COM - Jalan tol menjadi jalur alternatif utama untuk para pemudik. Dengan hadirnya jalan bebas hambatan tersebut, waktu tempuh dapat dipangkas berkat jalan tol.

Meski demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Selain mesin, ban kendaraan menjadi hal lain yang harus benar-benar dikontrol kondisinya saat melintasi jalan tersebut. Selain ketebalan telapak ban, tekanan ban menjadi bagian vital yang tak boleh diabaikan.

“Kecelakaan yang terjadi di jalanan kebanyakan terjadi berhubungan dengan tekanan angin pada ban. Rata-rata terjadi karena tekanan angin yang kurang dari standar,” kata Asep Riyanto salah satu penggiat safety driving di Indonesia dilansir dari otodriver.com, Rabu, 5 Juni 2019.


BACA JUGA : Mau Beli Jimny, Siapkan Uang Segini Untuk DPnya

Kemudian, faktor temperatur dan proses pemuaian yang terjadi pada ban setelah menempuh jarak jauh bisa mengurangi tekanan angin pada ban.

Maka itu, kata dia, pengemudi harus menyempatkan waktu untuk mengecek tekanan udara pada ban mobil secara berkala, atau setidaknya setiap akan melakukan penjalanan.

"Gunakan patokan angka tekanan udara yang dianjurkan. Biasanya angka tersebut tertera pada pintu pengendara. Pastikan tekanan angin tidak berada di bawah ukuran yang dianjurkan," ujarnya.


BACA JUGA : Agar Selamat, Begini Cara Mengerem Motor Matik Saat Melintasi Jalan Menurun

"Tekanan angin lebih besar masih bisa ditolerir dibandingkan kekurangan tekanan angin," tutup pria yang disapa Hale tersebut.

PenulisR24/ibl


Loading...

loading...