riau24

Meski Diselimuti Hujan, Ribuan Warga Ikuti Tradisi Pawai Obor

Rabu, 05 Juni 2019 | 14:43 WIB
Ribuan masyarakat tumpah ruah dalam pawai obor di Rumbai Pesisir. Ribuan masyarakat tumpah ruah dalam pawai obor di Rumbai Pesisir.

RIAU24.COM - PEKANBARU - Malam takbir yang ditunggu-tunggu umat muslim diseluruh wilayah Indonesia, sekaligus berakhirnya juga bulan Ramadhan 1440 Hijriah. Berbagai kegiatan pun digelar masyarakat untuk memeriahkan malam takbiran lebaran Idul Fitri 2019.

Seperti halnya, didaerah Kecamatan Rumbai Pesisir, Selasa (4/6/2019) malam, melakukan kegiatan takbir akbar seribu obor yang dibawa oleh masyarakat Rumbai dengan berjalan kaki (Long Mars) mengitari Jalan Sembilang sejauh 5 kilometer. 

Takbir akbar seribu obor ini merupakan budaya turun menurun yang dilakukan masyarakat Kecamatan Rumbai Pesisir. Menjelang dipenghujung bulan puasa, segala persiapan direncanakan untuk menyemarakkan malam takbir tanda datangnya hari kemenangan.



BACA JUGA : Turap Patah di Suka Karya Pekanbaru Jadi Tontonan Warga

Ketua Ikatan Pemuda Bom Rumbai (IPBR) Dodi Elvian, Selasa (4/6/2019) malam, mengatakan takbir akbar seribu obor ini banyak melibatkan tokoh pemuda Rumbai dan masyarakat sekitarnya. 

"Kegiatan ini salah satu tradisi bagi pemuda Rumbai untuk menyambut hari kemenangan (Idul Fitri). Obor digiring sepanjang jalan oleh masyarakat dengan berjalan kaki sambil melantunkan asmaul husna," ungkap Dodi. 

Kegiatan tahunan ini, kata Dodi tentunya didukung penuh pejabat desa (Lurah dan Camat) setempat. Dimana takbir akbar seribu obor ini digagas langsung oleh pengurus Mesjid Purnama Istiqomah jajarannya serta bekerjasama IPBR. 

"Obor yang dibuat lebih dari seribu dengan menurunkan masyarakat Rumbai dua ribu lebih. Alhamdulillah kegiatan kita juga mendapat respon positif pejabat desa," tutur Dodi. 

Tidak hanya takbir akbar seribu obor yang dilaksanakannya, IPBR juga kata Dodi telah memberikan santunan bantuan sosial anak yatim dan anak-anak yang aktif dipengajian mesjid selama bulan Ramadhan berlangsung. 

"Rekening dana sosial yang kita buka selama empat hari untuk anak yatim Rumbai, terkumpul sebesar Rp22 juta. Baik dari masyarakat umum maupun Curvanord 1955," sambung Dodi.



BACA JUGA : Umar Jabat Kepala BB Jabar, Songgo A. Siruah Pimpin Balai Bahasa Riau

Kedepan, kegiatan takbir akbar seribu obor ini, Dodi harap dapat lebih berkembang lagi, sehingga masyarakat nanti tau arti makna sesungguhnya dibalik budaya tersebut. Melalui kepengurusan seluruh mesjid didua kecamatan ini, Rumbai dan Rumbai Pesisir, kegiatan ini lebih semarak dengan lantunan ayat al quran.

"Tadi baru sebagaian pengurus mesjid yang ikut andil dalam takbir akbar seribu obor. Inginnya kita bersama seluruh mesjid ikut dilibatkan, supaya hari kemenangan ini lebih terasa kesanu bari umat muslim," imbuh Dodi. 

Dalam kegiatan ini, turut dihadiri sejumlah organisasi diantaranya, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Pemuda Pancasila (PP) Rumbai Pesisir, Curvanord 1955, PSPS Riau dan Ikatan Pemuda Prumnas Rumbai (IPPR) serta anak ranting.(rls)

PenulisR24/amri


Loading...

loading...