riau24

Wabup Bengkalis Pukul Bedug Pertama Tanda Pelepasan Pawai Takbir Idul Fitri

Rabu, 05 Juni 2019 | 15:05 WIB
Suasana pawai takbir di Bengkalis Suasana pawai takbir di Bengkalis

RIAU24.COM -  BENGKALIS - Pawai takbir hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah memang sudah menjadi tradisi yang dilaksanakan warga Masyarakat Kabupaten Bengkalis, khususnya  di Pulau Bengkalis.

Kegiatan pawai takbir dipusatkan di Jalan Ahmad Yani, Lapangan Tugu Bengkalis ini merupakan sarana syiar yang diikuti dari berbagai elemen masyarakat muslim di Bengkalis. Diantaranya, para orang tua, pemuda/di, dan anak-anak. Mereka merupakan utusan dari jemaah masjid dan mushola dari berbagai desa/kelurahan di kecamatan Bengkalis.

Pawai takbir keliling kota Bengkalis ini pun melewati sejumlah jalan di Kota Bengkalis, seperti Jalan Sudirman, kemudian ke arah Jalan Hos Cokroaminoto dan Jalan Hangtuah. Peserta pawaipun melintasi Jalan Patimura dan kembali ke Jalan A. Yani dan pawai takbir ini juga diperlombakan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Pantauan di lapangan, pawai takbir hari raya Idul Fitri ini diikuti sekitar 19 Masjid dan 16 mushalla. Di samping itu, antusias masyarakat  yang tumpah ruah membuat jalan padat merayap. Selain itu dentumam kembang api juga mewarnai langit di Pulau Bengkalis.

Sementara itu, sebelum pelepasan peserta pawai takbir, Sekda Bengkalis H. Bustami Hy dalam pidatonya menyampaikan bahwa Pawai Takbir ini juga mampu menumbuhkan nilai-nilai keimanan, ukhuwah islamiyah dan mensyiarkan agama Islam sebagai agama yang rahmatan lil’alamin.

"Pawai takbir ini juga untuk mempererat silaturrahmi yang diimplementasikan dengan menjaga keamanan, ketertiban dan kenyamanan, seraya mengumandang dan menggemakan takbir, tahlil dan tahmid," ungkap Sekda Bengkalis.

"Bertakbir dengan penuh semangat untuk mensyiarkan Islam dan dengan perasaan tulus ikhlas serta khusuk, terus mengumandangkan takbir, tahlil dan tahmid. Tentunya zikir-zikir ini dengan niat semata mata mengharapkan ridho Allah SWT," pungkasnya.

Pada kesempatan itu, saat akan pelepasan  peserta pawai takbir Wakil Bupati Bengkalis H. Muhammad langsung memukul beduk didampingi Sekda Bengkalis H. Bustami Hy, Kemenag Bengkalis dan Wakil Ketua DPRD Bengkalis H. Indra Gunawan (Eet).

Juga turut hadir, Wakapolres Bengkalis Kompol Kurnia Setyawan, Danramil 01/Bengkalis Mayor ARM. Bismi Tambunan, Ketua Baznas Bengkalis H. Ali Ambar, Ketua KPU Fadhilah Al Mausuly, Asisten Pemerintahan Hj Umi Kalsum, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Haholongan, Ketua MKA H. Zainuddin Yusuf dan sejumlah pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis, dan tamu undangan lainnya. ***

 

R24/bara/hari

PenulisR24/hari


Loading...

loading...