riau24

Saat Bermain di Parangtritis, 86 Wisatawan Diserang Ubur-ubur

Jumat, 07 Juni 2019 | 06:42 WIB
Petugas medis saat memberikan pengobatan ketika wisatawan terkena ubur-ubur. (Foto: Detik.com) Petugas medis saat memberikan pengobatan ketika wisatawan terkena ubur-ubur. (Foto: Detik.com)

RIAU24.COM - Sedikitnya 86 wisatawan tersengat ubur-ubur ketika bermain di Pantai Parangtritis, Bantul, DIY. Mereka yang tersengat ubur-ubur kebanyakan adalah anak-anak.

"Sampai sore ini tadi ada 86 orang yang terkena sengatan ubur-ubur, dan kebanyakan anak-anak," kata Koordinator SAR Satlinmas wilayah III Parangtritis, Ali Joko Sutanto dikutip dari detik.com, Kamis, 6 Juni 2019.

Ali menambahkan, jumlah korban mulai meningkat ketika memasuki pukul 14.00 WIB hingga saat ini. Katamya, sebagian besar korban terkena sengatan ubur-ubur saat bermain air di Pantai Parangtritis.


BACA JUGA : Terkendala Aturan, Proses Mualaf Deddy Corbuzier Batal Jadi Disiarkan Secara Langsung

Selain karena terbawa ombak, Ali menjelaskan penyebab sengatan ubur-ubur karena anak-anak menyentuhnya dan menjadikannya mainan. Padahal ubur-ubur itu mengandung racun, apalagi jika tentakelnya disentuh.

"Padahal sudah kami peringatkan dengan pengeras suara agar mereka tidak menyentuh apalagi menjadikan ubur-ubur sebagai mainan," ujarnya lagi.

Dia memprediksi ubur-ubur masih akan berdatangan ke Pantai Parangtritis. Mengingat udara dingin bercampur angin masih berhembus di Pantai Selatan.


BACA JUGA : Akan Segera Baca Syahadat, Deddy Corbuzier Ingin Jadi Mualaf Seperti Ini

"Selama udara dingin sama angin masih muncul, ubur-ubur tetap akan muncul. Karena itu kalau lihat ubur-ubur jangan dipegang, dan kalau terlanjut tersengat langsung ke Posko SAR untuk mendapat pertolongan medis," tutupnya.

PenulisR24/ibl


Loading...

loading...