riau24

Hari Raya Idul Fitri, di Bengkalis Sampah Capai 45 Ton Per Hari

Senin, 10 Juni 2019 | 14:57 WIB
Ilustrasi/int Ilustrasi/int

RIAU24.COM -  BENGKALIS - Produksi sampah rumah tangga (RT) memasuki Lebaran Idul Fitri 1440 H/2019 M meningkat dibandingkan hari-hari biasanya.

Seperti produksi sampah untuk di Kota Bengkalis dan sekitarnya diperkirakan naik mencapai tiga kali lipat atau mencapai 45 ton dalam sehari.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bengkalis H Arman AA kepada sejumlah wartawan usai mengikuti apel masuk kerja pasca cuti bersama hari raya idul fitri 1440 hijriah.

"Tiga kali lipat produksi sampah dari biasanya,"ujar Arman, Senin 10 Juni 2019.



BACA JUGA : Tiga Napi Kabur Yang Diamankan Polres Bengkalis Diserahkan ke LP II Sungai Penuh Jambi

Diutarakannya, untuk hari pertama memang tidak semua tenaga harian lepas (THL) kebersihan bekerja menyusul masih libur bersama. Sampah pada hari pertama lebaran, juga cukup menumpuk dan mengakibatkan petugas sempat kewalahan yang bekerja dilapangan.

Pada hari pertama lebaran, beberapa THL yang ditugaskan baru jam 10.00 WIB. Kemudian diakuinya, sempat ada beberapa kendaraan operasional yang mengalami kerusakan ringan namun sudah bisa diatasi.

"Seluruh kendaraan angkutan sudah bisa dioperasikan seluruhnya. Kemudian sesuai dengan harapan petugas THL agar memperoleh uang lembur atau seperti tunjangan, karena beberapa tahun sudah tidak dibenarkan. Akan tetapi, kita berupaya agar pada hari pertama lebaran THL tetap bekerja, padahal sewajarnya petugas THL kembali bertugas setelah tiga hari lebaran,"ungkapnya.



BACA JUGA : Mantan Eks Plt Sekda Bengkalis Jadi Saksi Dugaan Korupsi KMP Tasik Gemilang

Panjutnya,sebagian petugas yang melakukan mengangkut sampah, ASN yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) ini juga menyebutkan, memberikan uang lembur dengan upaya pihaknya yang tidak melalui dana APBD.

"Karena di APBD memang tidak dianggarkan, tapi kita usahakan agar sebagian THL yang bertugas lebaran pertama dapat uang lembur. Hari ini dan sejak hari ketiga lebaran kemarin, THL bertugas seperti biasanya atau sudah normal,"pungkasnya.***


R24/hari
    

 

PenulisR24/hari


Loading...

loading...