riau24

Kepala Lab Teknik Sipil UIR Ikuti Short Term Program for Laboratory di Taiwan

Jumat, 14 Juni 2019 | 11:29 WIB
M.Zainal Muttaqien M.Zainal Muttaqien

RIAU24.COM -  PEKANBARU - Kepercayaan kembali diberikan international kepada dosen-dosen Universitas Islam Riau. Adalah  Muchammad Zainal Muttaqin, ST, MSc, Kepala Laboratorium Teknik Sipil UIR, diundang mengikuti Short Term Program for Laboratory 2019 yang berlangsung 1-14 Juli di National Central University Taiwan.

Menurut Dekan Fakultas Teknik Ir Abdul Kudus Zaini, short term program difokuskan pada proses pengembangan penelitian dan manajemen laboratorium. Labor yang dijadikan projek pada program ini adalah seluruh bagian laboratorium teknik sipil di lingkungan National Central University Taiwan.

''Program ini khusus diadakan dengan memilih dosen dan laboran yang berdomisili terutama di ASEAN dalam usaha pengembangan penelitian. Peserta telah lolos nominasi dan memenuhi seluruh persyaratan yang ditetapkan National Central University Taiwan,'' kata Abdul Kudus Zaini.

Fokus kegiatan, kata Kudus, mahasiswa akan mampu meningkatkan kemampuan terutama dalam penelitian ilmiah laboratorium dan pengetahuan manajerial laboratorium. 

“Kami berharap kegiatan ini  mampu meningkatkan peran serta UIR dalam aktivitas di ranah internasional dan bermanfaat bagi mahasiswa guna pengembangan penelitian dan membawa nama baik UIR ditingkat internasional sebagai universitas yang unggul di Indonesia, ASEAN maupun di dunia,” kata Abdul Kudus.

Dengan program ini juga, kata Abdul Kudus, bisa meningkatkan keterampilan dosen dan laboran UIR dalam penelitian berbasis laboratorium, sebagai proses pengembangan penelitian ilmiah yang dapat bersaing di kancah internasional.

“Ya kita dari fakultas selalu mendukung dosen yang mampu merebut pelatihan, workshop berskala internasional, baik yang di adakan di universitas di Indonesia maupun universitas di luar negeri, ya salah satunya NCU, Taiwan ini,” papar Kudus.

Sementara itu Muchammad Zaenal Muttaqin yang juga Kepala Laboratorium Teknik Sipil UIR ini sangat siap mengikuti Short Term Program tersebut.

Dijelaskannya, rangkaian kegiatan nantinya akan difokuskan pada proses pengembangan penelitian dan manajemen laboratorium. Adapun laboratorium yang akan dijadikan projek dalam program ini adalah seluruh bagian laboratorium teknik sipil di lingkungan NCU, Taiwan.

”Alhamdulillah saya terpilih bersama lima peserta lainya mengikuti studi laboratorium di NCU Taiwan,” kata Zaenal Muttaqin.

Sebelumnya, program ini hanya diikuti oleh pelamar pilihan yang telah lulus nominasi dan telah memenuhi seluruh persyaratan dari pihak NCU,Taiwan.” Jadi banyak syarat yang harus dilalui agar bisa terpilih mengikuti program studi laboratorium ini,” kata Muttaqin.*

 

R24/rls

PenulisR24/saut


Loading...

loading...