riau24

Pelaksanaan Pacu Jalur Diserahkan ke Masyarakat Kenegerian Taluk, Pemkab Hanya Memfasilitasi

Jumat, 14 Juni 2019 | 16:33 WIB
Kadis Pariwisata, Kebudayaan, Ekonomi Kreatif Kuansing, Dr. Indra Suandi, ST. MT/zar Kadis Pariwisata, Kebudayaan, Ekonomi Kreatif Kuansing, Dr. Indra Suandi, ST. MT/zar

RIAU24.COM -  TELUK KUANTAN - Mulai tahun 2019 ini, pelaksanaan ivent Nasional Pacu Jalur yang berlangsung di Tepian Narosa Teluk Kuantan, Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau akan dilaksanakan oleh masyarakat Adat Kenegerian Teluk Kuantan.

Sehingga pelaksanaan ivent pacu jalur tahun ini, akan sangat berbeda dibandingkan pelaksanaan pacu jalur pada tahun tahun sebelumnya, yang sebelumnya kepanitiaannya seluruhnya dari pihak Pemkab Kuansing.

"Meskipun nantinya telah ditangani secara langsung oleh masyarakat Adat Kenegerian Teluk Kuantan, akan tetapi Pemkab Kuansing tidak mau lepas tangan begitu saja," ungkap Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Kuantan Singingi, Dr. Indra Suandi, ST. MT kepada Riau24.Com, Jumat (14/6).



BACA JUGA : Bupati Mursini Layur Jalur Sekaligus Kukuhkan Nama Jalur Desa Siberobah

Buktinya, kata Indra, untuk pelaksanaan ivent Nasional Pacu Jalur, telah dialokasikan anggaran oleh Pemkab Kuansing sebesar Rp1,1 miliar Lebih, yang terdiri dari Rp900 juta untuk hadiah dan Rp200 juta untuk kostum dan sebagainya.

"Anggaran hadiah Rp900 juta ini, akan diberikan langsung ke rekening pemenang (juara) pacu jalur, dan sisanya Rp200 juta untuk buat kostum panitia dan lain sebagainya," paparnya.

Sebenarnya Pemkab Kuansing mengalokasikan anggaran sebesar Rp1,5 Milyar lebih, dimana Anggaran untuk Rayo sebesar Rp. 400 Juta, dimana setiap rayon memperoleh Rp. 104 Juta per Rayon, yang akan dipergunakan untuk hadiah, tenda, makan minum, Sarana Prasarana.dan lainnya," Sebutnya.

 " Kita memiliki empat Rayon yaitu Rayon 1 Kecamatan Cerenti dan Inuman, Rayon 2 Kecamatan Kuantan Hilir, Kuantan Hilir Seberang, Pangean dan Logas Tanah Darat, Rayon 3 Kecamatan Sentajo Raya, Kuantan Tengah, Singingi dan Singingi Hilir, Rayon 4 Kecamatan Kuantan Mudik, Gunung Toar, Hulu Kuantan dan Pucuk Rantau," Tuturnya.

Dijelaskannya, Meskipun Event Pacu Jalur telah diserahkan kepada masyarakat Adat Kenegerian Teluk Kuantan, Pemkab Kuansing tidak akan pernah lepas tangan dan akan terus membantu, baik di segi anggaran maupun keamanan.

Disebutkannya, untuk Ketua Panitia Pelaksana ivent Nasional Pacu Jalur 2019, direncanakan Ir. Emmerson yang juga sebagai Kepala Dinas Pertanian.



BACA JUGA : Bupati Minta Pelaksanaan Pacu Jalur Lebih Ditingkatkan, Panitia Bertekad Patenkan di Unesco

"Insya Allah Senin (17/6) besok, akan digelar Rapat pelaksanaan ivent Pacu Jalur 2019 yang akan dihadiri Bupati H. Mursini, Wakil Bupati H. Halim, Sekda, Dianto Mampanini, Ketua dan Wakil Ketua DPRD, Asisten, Kepala Badan, Kepala Dinas, Kabag, Kabid, Camat, Ninik Mamak, Pemangku Adat dan Tokoh Masyarakat lainnya," pungkasnya.***


R24/zar

PenulisR24/zar


Loading...

loading...