riau24

Gunakan Rudal Darat Iran Tembak Jatuh Drone AS

Sabtu, 15 Juni 2019 | 15:54 WIB
Iran dilaporkan tembak jatuh drone AS Iran dilaporkan tembak jatuh drone AS

RIAU24.COM -  Gunakan Rudal darat Iran menembak jatuh drone milik Amerika Serikat (AS)  di laut Merah. Menurut laporkan terbaru media AS serang Drone AS itu ditembak sebelum terjadi serangan terhadap dua kapal tanker di Teluk Oman. 



BACA JUGA : Calon Menhan AS Sebut Keputusan Turki Beli S-400 Rusia sebagai Kesalahan

Menurut CNN, yang mengutip pernyataan seorang pejabat AS, bahwa rudal Iran itu tidak mengenai sasaran dan jatuh ke laut. Pejabat itu mengatakan drone MQ-9 melihat kapal-kapal Iran mendekati tanker sebelum serangan terjadi. Namun, ia tidak mengungkapkan apakah AS melihat kapal itu menyerang tanker.

Pejabat yang sama mengatakan hanya beberapa hari sebelum serangan itu, sebuah drone reaper AS ditembak jatuh di Laut Merah oleh sebuah rudal Iran yang ditembakkan oleh pemberontak Houthi seperti dilansir dari Daily Express, Sabtu 15 Juni 2019.

Sebelumnya Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo menyalahkan Iran atas serangan terhadap dua kapal tanker pada hari Kamis lalu.

"Iran mengecam karena rezim itu ingin agar kampanye tekanan maksimum kami yang berhasil dicabut," kata Pompeo.

"Komunitas internasional mengutuk serangan Iran pada kebebasan navigasi dan penargetan warga sipil yang tidak bersalah," imbuhnya.

Pompeo juga yakin serangan Iran terhadap empat tanker lainnya bulan lalu adalah upaya untuk menaikkan harga minyak internasional. Dan Inggris juga mengatakan pada hari Jumat bahwa mereka percaya serangan itu diatur oleh Iran.



BACA JUGA : Ibu Guru Cantik Ini Ajak Muridnya Berusia 13 Tahun Bersetubuh, DIlakukan di Mobil dan Dalam Kelas

Presiden AS Donald Trump juga yakin bahwa Teheran bertanggung jawab atas serangan terhadap tanker.

"Iran melakukannya dan Anda tahu mereka melakukannya karena Anda melihat kapal," ujarnya mengacu pada foto dan video yang dirilis oleh Pentagon pada hari Kamis. 

Iran membantah terlibat dalam serangan itu. Seorang juru bicara untuk misi diplomatik Iran, Alireza Miryousefi, mentweet sebuah pernyataan yang mengatakan Iran dengan tegas menolak klaim tidak berdasar AS dan mengutuknya sekuat mungkin.


Sumber: Sindonews

 

PenulisR24/riko


Loading...

loading...