riau24

Sosok ini Berkemungkinan Duduk Jadi Pimpinan DPR dari Gerindra

Sabtu, 06 Juli 2019 | 18:30 WIB
Gedung DPR RI Gedung DPR RI

RIAU24.COM - Partai Gerinda menjadi salah satu partai politik peraih kursi terbanyak di Parlemen. Artinya, Gerindra kembali mendapatkan jatah kursi pimpinan yaitu wakil ketua DPR.

Setidaknya, ada tiga nama kader Gerindra yang digadang-gadang menduduki kursi tersebut, yakni petahana Fadli Zon, Ahmad Muzani dan Edhy Prabowo.

Menurut pemerhati politik yang juga Direktur Mahara Leadership, Iwel Sastra memprediksikan jika Gerindra masih mempertahankan Fadli Zon. Selama menjabat pimpinan DPR, kepemimpinan Fadli Zon juga cukup baik dan sering menonjol.

"Saya kira Gerindra akan pertahankan Fadli Zon, dan tidak alasan juga untuk mengganti dia dengan yang lain," kata Iwel dilansir dari Rmol.id, Sabtu, 6 Juli 2019.


BACA JUGA : Bawaslu Riau Bacakan Keterangan Tertulis di Sidang Kedua MK

Sedangkan PDIP yang merupakan peraih kursi terbanyak, kata Iwel, kemungkinan besar akan diserahkan kepada Puan Maharani.

Untuk diketahui, perolehan kursi hasil Pemilu 2019; PDIP (128 kursi), Partai Golkar (85 kursi), Partai Gerindra (78 kursi), Partai Nasdem (59 kursi), PKB (58 kursi), Partai Demokrat (54 kursi), PKS (50 kursi), PAN (44 kursi) dan PPP (19 kursi).


BACA JUGA : Utang Capai Ribuan Triliun, Pemerintah Sebut Masih Aman, PKS: Masak Sih?

Sesuai UU MD3, lima kursi pimpinan DPR otomatis menjadi milik partai politik pemenang pemilu dengan kursi terbanyak di dewan.

PenulisR24/ibl


Loading...

loading...