riau24

Ratusan Orang Tersengat Ubur-ubur di Pantai Gunungkidul, 4 Diantaranya Dapat Penanganan Medis

Sabtu, 06 Juli 2019 | 19:09 WIB
Salah seorang wisatawan terkena sengatan ubur-ubur (Foto detik.com dari SAR Satlinmas wilayah II Gunungkidul Salah seorang wisatawan terkena sengatan ubur-ubur (Foto detik.com dari SAR Satlinmas wilayah II Gunungkidul

RIAU24.COM - Sedikitnya, 139 wisatawan tersengat ubur-ubur di Pantai Selatan Gunungkidul. Empat orang diantaranya harus mendapat penanganan medis lebih lanjut dikarenakan tak kuat menahan rasa sakit.

"Sampai saat ini ada 139 orang yang tersengat ubur-ubur, rata-rata yang tersengat tadi anak-anak," kata Sekretaris SAR Satlinmas wilayah II Kabupaten Gunungkidul, Surisdiyanto dilansir dari detik.com, Sabtu, 6 Juli 2019.

Surisdiyanto menambahkan, Tim SAR telah memberi pertolongan medis kepada para wisatawan. Tapi, karena efek sengatan ubur-ubur membuat bagian tubuh terasa panas hingga sesak napas, membuat beberapa wisatawan terpaksa dilarikan ke klinik terdekat.


BACA JUGA : Tak Setujui SIkap Trump, Kongres Amerika Blokir Penjualan Senjata ke Arab Saudi

"Tadi ada empat orang yang dibawa ke klinik karena tidak kuat (menahan efek dari sengatan ubur-ubur). Keempat orang itu terdiri dari tiga wisatawan Pantai Sepanjang dan satu wisatawan Pantai Krakal," jelasnya Surisdiyanto.

Dia menjelaskan, 139 wisatawan yang tersengat ubur-ubur di beberapa pantai berbeda di Kabupaten Gunungkidul. Adapun rinciannya sebagai berikut, 28 orang wisatawan dari Pantai Sepanjang, 11 wisatawan dari Pantai Indrayanti, 20 wisatawan dari Pantai Krakal.


BACA JUGA : Pemerintah RI Marah Tokoh Separatis Papua Ini Dapat Penghargaan di Oxford

Disusul 43 orang wisatawan dari Pantai Kukup, 19 wisatawan dari Pantai Drini, 7 orang wisatawan dari Pantai Sadranan, 6 wisatawan dari Pantai Ngandong Sundak dan 5 orang wisatawan dari Pantai Nguyahan.

"Kami belum bisa memprediksi sampai kapan ubur-ubur ini muncul di pantai. Yang jelas kami terus mengimbau kepada para wisatawan agar tidak menyentuh atau menjadikan mainan ubur-ubur," tuturnya.

"Selain terus melakukan imbauan kepada wisatawan di Pantai, Tim SAR juga melakukan penyisiran untuk membersihkan ubur-ubur yang ada di pinggir pantai," demikian Surisdiyanto.

PenulisR24/ibl


Loading...

loading...

Terpopuler