riau24

MUI Kritik Sikap Arogansi GP Ansor Yang Menolak Cermah Hanan Attaki

Senin, 08 Juli 2019 | 13:51 WIB
Hanan Attaki Hanan Attaki

RIAU24.COM -  Majlis Ulama Indonesia (MUI) mengkritik sikap arogansi Gerakan Pemuda (GP) Ansor yang menolak kehadiran Ustaz Hanan Attaki dalam acara pengajian di Hotel Bahari Inn, Tegal, Jawa Tengah, Minggu 7 Juli 2019. Menurutnya, setiap ormas tak boleh bertindak seperti penegak hukum.

"Saya termasuk yang tidak setuju ormas jadi 'penegak hukum'. Seperti yang jadi tren negatif saat ini dengan cara membubarkan pengajian segala secara paksa dan menggunakan kekerasan," kata Ketua Komisi Hukum MUI HM Baharun melansir dari kumparan, Senin 7 Juli 2019.



BACA JUGA : Ustaz ini Lebih Memilih Jadi Oposisi, Warganet Berkomentar

Seharusnya lanjut Dia, GP Ansor tidak main hakim sendiri dan hendaknya melakukan proses tabayun terlebih dahulu terkait isisl cermah dari ustadz yang bersangkutan. 

"Untuk pembubaran keramaian misalnya, bukankah ini domainnya polisi? Jika pengajian itu terbukti provokatif dan mengadu domba umat, ya laporkan saja ke polisi. Itu tugas kepolisian untuk menyelesaikannya," tutur dia.

Di sisi lain, Baharun juga mengimbau kepada seluruh ustaz atau penceramah agar menyampaikan hal-hal yang menyejukkan. Membina akhlak umat Islam, kata dia, lebih penting dari hal lain saat ini. 

"Di samping itu juru dakwah juga harus tahu diri. Jangan berdakwah yang menimbulkan permusuhan. Dakwah itu merangkul bukan memukul, membina bukan menghina, dan dakwah harus sejuk seperti diteladankan Nabi Muhammad SAW," tutur dia.

Baharun juga mengimbau agar ormas tetap berperan sesuai porsinya. Tidak menimbulkan perpecahan di kalangan umat.

"Untuk semua ormas internal antarumat Islam memang dimungkinkan untuk saling kontrol (tawashau bil haq wa tawashau bishabr). Yang tidak boleh langsung saling eksekusi, ini bisa mengancam perpecahan umat," ucap dia.



BACA JUGA : Baru Menikah, Istri Staf Komisioner KPU Jatuh ke Laut dari Kapal Feri, Jasadnya Belum DItemukan

PenulisR24/riko


Loading...

loading...