riau24

Kedai Caghonti, Sajikan Kopi Berkualitas dari Nagori Ujung Kuansing

Senin, 08 Juli 2019 | 20:43 WIB
Jhon, pemilik kedai Kopi Caghonti/zar Jhon, pemilik kedai Kopi Caghonti/zar

RIAU24.COM -  TELUK KUANTAN – Saat ini telah tumbuh dan berkembang berbagai jenis usaha baik makanan maupun minuman yang dibuka di Kota Jalur Teluk Kuantan, baik berbentuk cafe, kedai maupun warung.

Namun yang paling menarik bagi peminat kopi di Kota Jalur adalah hadirnya kopi berkualitas tinggi, yang telah ada sejak 1980 dengan nama Kedai Kopi Caghonti (KKC) Since 1980. Cabang Teluk Kuantan yang berada di Jalan Jenderal Sudirman Kelurahan Sungai Jering Teluk Kuantan, berdekatan dengan PT Agung Toyota atau Masjid Agung Teluk Kuantan.

"Tempat ini merupakan Cabang dari Cerenti, tepatnya Pasar Kecamatan Cerenti, yang telah ada sejak tahun 1980," ungkap John sang Owner dan sekaligus pengelola Kedai Kopi Caghonti tersebut.



BACA JUGA : Buka Forum Komunikasi Publik Isu Prioritas Pembangunan, Ini Arahan Bupati Mursini

Kopi Caghonti ini merupakan jenis kopi pilihan yang diracik dan dihasilkan dari usaha kopi keluarga yang berada di Cerenti Kuantan Singingi. Rasa dan Penyajiannya juga berbeda, yang menjadi pilihan utama bagi yang mencintai kopi dengan cita rasa berkualitas tinggi.

"Biasanya orang kalau datang ke Teluk Kuantan, hanyalah sekedar untuk menikmati kopi Caghonti, dan seakan belum terasa nikmat jika tidak menikmati Kopi Caghonti KKC," ujarnya sambil menyebutkan tidak terasa nikmat jika tidak menikmati Kopi Caghonti.

Selain kopi, menu andalan lainnya di Kedai Kopi Caghonti adalah Gado Gado dan minuman Madu Lebah serta kue Pia asal Cerenti Kuansing.

Kopi yang disajikan Kedai Kopi Caghonti (KKC) ini berasal dari Cerenti, yang terkenal sebagai salah satu daerah paling ujung Timur (berbatasan dengan Kecamatan Peranap Kabupaten Inderagiri Hulu).

Namun yang sangat disayangkan, katanya, saat sekarang ini para petani Kuansing mulai enggan menanam kopi, sehingga sangat jarang ditemukan kebun kopi yang luasnya ber hektare hektare.

"Padahal pencinta kopi di Kuansing khususnya dan Indonesia cukup banyak, kenapa para petani kita enggan untuk menanam kopi. Inilah yang harus digalakkan oleh instansi terkait ke depannya," ujarnya.



BACA JUGA : Persiapan Porprov, Bupati Minta Cabor Yang Diperlombakan Harus Bertempat di Kuansing

"Diperkirakan lebih dari 150.000 penduduk Kuansing menyukai kopi, makanya harus ada ajakan atau dorongan dari Dinas Pertanian, untuk mengajak para petani harus menanam kopi," pungkasnya.
 
Menu-menu yang dihidangkan di Kedai Kopi Caghonti ini, dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau.  Ayo NgOpi Enak di Kedai Kopi Caghonti Teluk Kuantan.***


R24/zar

PenulisR24/zar


Loading...

loading...