riau24

Kanwil DJPb Riau Sebut Realisasi DAK Fisik Riau Rendah

Selasa, 09 Juli 2019 | 21:46 WIB
Kakanwil DJPb Kemenkeu Riau, Tri Budhianto sata memberikan keterangan tentang realisasi APBN ke Riau Kakanwil DJPb Kemenkeu Riau, Tri Budhianto sata memberikan keterangan tentang realisasi APBN ke Riau

RIAU24.COM - Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kemenkeu Provinsi Riau, Tri Budhianto mengatakan pada semester pertama 2019, realisasi pencairan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) tahap pertama masih rendah.

Tri mengatakan, realisasi oleh pemda di tingkat provinsi, serta kabupaten dan kota di Provinsi Riau hanya sebesar 7,19 persen. Kata dia, jika pemda tak segera mengajukan pencairan, anggaran tersebut akan hangus.


BACA JUGA : TMMD Ke 105 Kodim 0313/KPR Kerja Keras dan Humoris Babinsa Wujudkan Kemanunggalan TNI Dengan Rakyat

"Per semester I 2019 ini, realisasi DAK baru mencapai Rp140,18 miliar atau sekitar 7,19 persen," ujar Tri, Selasa, 9 Juli 2019.

Tri menjelaskan, jika pemda tak segera mengajukan pencairan anggaran DAK kepada Kemenkeu, sisa anggaran yang masih ada akan hangus. Maka itu, pihaknya memberi batas waktu kepada pemda hingga 22 Juli nanti untuk segera mengajukan pencairan DAK.


BACA JUGA : Soal Mutasi Pejabat di Pemrov Riau, Husaimi Berharap Diisi Pejabat Yang Berkompeten

"Total dana yang disediakan untuk DAK melalui APBN tahun ini untuk seluruh pemda Riau sebesar Rp1,9 triliun, yang sudah diajukan pencairannya masih di angka Rp140,18 miliar," tuturnya.

Tri melanjutkan, untuk melakukan pencairan tersebut tidak lah sulit. Hanya saja, ada beberapa kendala yang dialami pemda untuk mengajukan pencairan anggaran DAK, yakni belum adanya proses lelang kegiatan.

PenulisR24/ibl


Loading...

loading...

Terpopuler