riau24

Makanan Diprediksi Bakal Punah Dalam Waktu Dekat, Nomor 4 Banyak Disukai Pecinta Minuman ini

Rabu, 10 Juli 2019 | 14:31 WIB
Kopi merupakan salah satu makanan yang diprediksi bakal punah Kopi merupakan salah satu makanan yang diprediksi bakal punah

RIAU24.COM - Para ahli memprediksikan ada 10 makanan yang bakal punah dalam waktu dekat. Apalagi semua organisme di bumi hadir dalam jumlah terbatas dan seiring berbagai hal, seperti perubahan iklim yang terjadi akan mempercepat kepunahannya.

Seperti dilansir dari detik.com, Selasa, 9 Juli 2019, hal tersebut membuat beberapa jenis makanan yang kita kenal selama ini akan sulit ditemukan dalam beberapa tahun kedepan. Berikut 5 makan yang akan punah menurut prediksi para pakar.

1. Madu
Dikarenakan dari perubahan iklim dan collony collapse disorder yang dikemukanan oleh ahli biologi, populasi lebah penghasil madu akan mengalami pengurangan yang signifikan. Sepanjang tahun 2015-2016, 5.000 penjaga lebah Amerika Serikat melaporkan bahwa mereka kehilangan 44% koloni lebah.


BACA JUGA : Wow, Dalam Setiap Detik, Sebesar Ini Penghasilan Bos Microsoft Bill Gates

Ilmuwan menyatakan jika populasi lebah menjadi berkurang karena pengaruh buruk patogen, pestisida, dan perubahan iklim secara ekstrem. Berkurangnya populasi lebah madu inilah yang akan mengakibatkan punahnya madu itu sendiri.

2. Cokelat
Akibat dari perubahan iklim secara drastis telah melanda wilayah Afrika Barat, dimana daerah ini adalah wilayah alami penghasil kakao. Pada tahun 2017, peneliti mengestimasi bahwa kurang dari 40 tahun cokelat akan punah dari muka bumi. Untuk mengatasi tersebut, 
perusahaan Mars dan para peneliti dari Innovative Genomics Institute di California bekerja sama untuk mengembangkan pabrik kakao yang dapat tumbuh sesuai iklim lingkungannya.

3. Alpukat
Kemudian alpukat jadi makanan yang diprediksi bakal punah. Sebab alpukat membutuhkan asupan air yang banyak dalam penanamannya. Mengingat persediaan air dunia yang berkurang drastis karena perubahan iklim dan pemanasan global, pertumbuhan alpukat pun akan terhambat. Meski berbagai usaha telah dilakukan untuk meperbaiki ketersedian air, tapi masalah kekeringan masih menjadi perhatian besar.


BACA JUGA : Resep Simpel Makan Siang: Ikan Bandeng Presto

4. Kopi
Meminum secangkir kopi sudah menjadi dari gaya hidup. Tapi hal tersebut membuat para produsen kopi bekerja keras untuk memenuhi ledakan permintaan kopi di berbagai negara. Pada tahun 2016, sebuah penelitian dari Climate Institute mengungkapkan jika perubahan iklim terjadi lebih dari 2 derajat Celcius, pola hujan akan berubah drastis dan mempengaruhi lebih dari setengah daerah produsen kopi.

Kemudian, perubahan ekstrem tentu akan menyulitkan tumbuhan kopi untuk beradaptasi dengan lingkungan. Bukan tidak mungkin di masa depan, kopi menjadi hal yang sangat sulit untuk dicicipi.

5. Seafood
Pada tahun 2016, penelitian lingkungan yang dipimpin oleh tim pakar lingkungan dan ekonomi internasional mengemukakan bahwa laut dunia akan kehabisan ikan di tahun 2048. Hal ini disebabkan oleh aktivitas pengambilan ikan besar-besaran selama beberapa dekade terakhir. Ditambah degan polusi air dan perubahan iklim dunia, kepunahan makan laut akan semakin cepat terjadi.

PenulisR24/ibl


Loading...

loading...