riau24

Dinilai Tak Peduli Kebersihan Sungai Kerinci, Tokoh Masyarakat Pelalawan Kecewa Sikap 2 Perusahaan Ini

Kamis, 11 Juli 2019 | 10:20 WIB
Daslir Maskar Daslir Maskar

RIAU24.COM -  PELALAWAN-Tokoh masyarakat Kabupaten Pelalawan, H Dasril Maskar, mengaku sangat kecewa terhadap 2 perusahaan besar yang beroperasi di sepanjang aliran Sungai Kerinci, Kabupaten Pelalawan. Pasalnya, meski sudah lama beroperasi, namun pihak perusahaan tampaknya tak peduli dengan kebersihan sungai itu.

Saking tak pedulinya, untuk keperluan membersihkan aliran sungai itu saja sejauh ini masih tetap dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan. Sementara dalam kawasan itu, ada dua perusahaan besar yang beroperasi. Kedua perusahaan yang dimaksud adalah PT Indosawit dan PT Guna Dodos.



BACA JUGA : Masalah Tanaman Kehidupan, DPRD Pelalawan Akan Bentuk Tim Khusus

"Kenapa mesti Pemkab yang membersihkan Sungai Kerinci itu. Di mana perusahaan yang jelas-jelas berada di pinggir sungai tersebut," tegasnya, kepada Riau24.com, Kamis 11 Juli 2019.

Harusnya, tambah mantan anggota DPRD Pelalawan ini, perusahaan yang beroperasi dan berusaha di sepanjang aliran Sungai Kerinci tahu diri dan bertanggung jawab untuk mencuci dan membersihkan sungai menimal sekali setahun.

"Dahulu ada PT Indosawit, digilir ada PT Guna Dodos. Kedua perusahaan ini yang harusnya bertanggung jawab terhadap kebersihan sungai Kerinci ini," tegas Wak Jalil, demikian ia akrab disapa.

Harusnya tambah Wak Jalil, kedua perusahaan ini tak perlu diminta oleh Pemkab dan masyarakat Pelalawan untuk berkontribusi. "Sadar sendiri lah," tegasnya.



BACA JUGA : Operasi Pekat di Pangkalan Lesung, Pria dan Wanita Dalam Satu Kos Diamankan

Khusus terhadap PT Guna Dodos, Wak Jalil menekankan, tanggung jawab perusahaan ini bukan hanya terhadap Sungai Kerinci, namun juga perlu untuk memperhatikan kondisi jalan menuju ke Kuala Terusan.

"Jalan menuju Kuala Terusan itu sudah hampir tertutup oleh semak belukar. Tak adalah terpikir oleh perusahaan untuk membantu membersihkannya. Heran kita," pungkasnya.***

PenulisR24/ardi


Loading...

loading...

Terpopuler