riau24

Tegas, DPRD Riau Minta Aparat Hukum Investigasi Perusahaan Yang Membakar Lahan Dengan Sengaja

Kamis, 11 Juli 2019 | 20:33 WIB
Ade Agus Hartanto Ade Agus Hartanto

RIAU24.COM -  Anggota DPRD Riau Ade Agus Hartanto meminta instansi penegak hukum terkait segera melakukan investigasi jika ada indikasi kebaran hutan dan lahan oleh perusahaan perkebunan di Riau. 



BACA JUGA : Babinsa Koramil 08/Tandun Bantu Warga Cor Pondasi Mushola

Hal ini diminta karena masih ada ditemukan sejumlah titik panas di Riau yang disebabkan kebakaran hutan dan lahan. Serta ditambahnya prediksi BMKG bahwa musim kemarau akan berlangsung Agustus hingga September. 

"Ya kalau ada kabaran di kebun perusahaan dengan sengaja saya minta instansi terkait melakukan Investigasi pihak perusahaan tersebut, " ujarnya. Kamis 11 Juli 2019.

Tapi saat ini menurutnya, penegakan hukum sudah jauh lebih baik, kendatipun demikian supermasi hukum tetap harus di tegakkan bila terbukti karhutla  disengaja.

"Kalau masyarakat memiliki  informasi adanya karhutla maka  harus cepat di sampaikan kepada pihak-pihak terkait, " jelasnya. 

Terkait ada oknum orang kuat yang membekingi setiap perusahaan agar tidak jeratan hukum terkait kebakaran ini,  politisi PKB Riau ini juga meminta aparat hukum segera menindak. Tapi dirinya yakin tidak ada orang kuat terkait persoalan Karhutla ini. 



BACA JUGA : Siapkan Posko 6 Karhutla, Kodim 0313/KPR Juga Sosialisasi Cegah Karhutla

"Tidak ada lagi orang kuat di belakang karhutla, presiden Jokowi sudah sangat  terbuka dan tegas terhadap  siapapun pelakunya , atau siapapun dibelakangnya, hukum tetap ditegakkan, sehingga jangan ada pihak  yang berani main-main dalam kasus karhutla, " tegasnya. 

Disatu sisi politisi asal Inhu ini mengapresiasi upaya pemadaman  dan penanggulangan karhutla di Riau  cepat dan maksimal karena   BPBD Riau  dengan bekerjasama BNPB serta TNI dan stakeholder lainnya sudah  tanggap sehingga karhutla tidak menyebar luas.

PenulisR24/riko


Loading...

loading...