riau24

Pemimpin Hizbullah: Israel Bisa Hancur Jika Perang Dengan Iran

Sabtu, 13 Juli 2019 | 18:14 WIB
Hassan Nasrallah Hassan Nasrallah

RIAU24.COM -  Pemimpin kelompok Hizbullah Lebanon menyebutkan Israel tidak akan netral jika perang antara Amerika Serikat (AS) dan Iran meletus. Kendatipun demikian Iran akan mampu membombardir negara Yahudi itu. 

"Dan Iran mampu memborbardir Israel dengan kekuatan dan ganas," ujar Hassan Nasrallah dalam sebuah wawancana yang disiarkan di televisi Al-Manar milik Hizbullah.



BACA JUGA : Dokter Dibuat Bingung, Bayi Perempuan Dengan Tiga Kepala Lahir di India

Pernyataan itu disampaikan Nasrallah setelah meningkatnya ketegangan antara AS dan Iran dalam beberapa minggu terakhir. Presiden AS Donald Trump pun telah meningkat perang kata-kata dengan dengan Iran.

"Ketika Amerika memahami bahwa perang ini dapat melenyapkan Israel, mereka akan mempertimbangkan kembali," kata Nasrallah.

"Tanggung jawab kita bersama di kawasan ini adalah berusaha mencegah perang Amerika terhadap Iran," imbaunya seperti dilansir dari Sindonews mengutip Arab News, Sabtu 13 Juli 2019.

Pada hari Jumat, Dewan Perwakilan Rakyat AS memilih untuk membatasi kemampuan Trump untuk menyerang Iran. Mereka menyuarakan kekhawatiran bahwa kebijakannya yang hawkish mendorong ke arah perang yang tidak perlu.

Hizbullah dianggap sebagai organisasi teroris oleh AS. Kelompok ini merupakan satu-satunya faksi yang tidak dilucuti setelah perang saudara Lebanon 1975-1990.



BACA JUGA : AS Akan Bertindak Agresif Jika Iran Tidak Bebaskan Kapal yang Dirampas

Kelompok ini juga pemain politik utama di negara kecil di Mediterania, menduduki 13 kursi di parlemen tahun lalu dan mengamankan tiga posisi di kabinet saat ini.

Nasrallah berbicara setelah Washington mengumumkan sanksi baru pada Selasa lalu terhadap Hizbullah, yang menargetkan para pejabat terpilih dari gerakan itu untuk pertama kalinya.

PenulisR24/riko


Loading...

loading...