riau24

Maluku Utara Diguncang Gempa 7,2 SR, ini Penyebabnya

Minggu, 14 Juli 2019 | 19:18 WIB
Ilustrasi Ilustrasi

RIAU24.COM - Gempa magnitudo sebesar 7,2 SR mengguncang wilayah Maluku Utara dan berpusat di 62 km Timur Laut Kota Labuha, Minggu, 14 Juli 2019, Pukul 16.10 WIB.

Gempa terasa hingga di pusat Kota Ternate. Warga yang berada di dalam pusat perbelanjaan berlarian menyelamatkan diri dari gempa tersebut.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) membeberkan penyebab gempa yang terjadi di wilayah Maluku Utara itu.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar sorong-bacan," kata Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami, Daryono dilansir dari Liputan6.com, Minggu, 14 Jul 2019.


BACA JUGA : Ustaz ini Lebih Memilih Jadi Oposisi, Warganet Berkomentar

Daryono menjelaskan, berdasarkan hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan, gempa tersebut dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar mendatar.

Kata dia lagi, hasil pemodelan menunjukkan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

"Hingga pukul 17.00 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan 7 kali aktivitas gempabumi susulan (aftershock) dengan magnitudo di atas 5 sebanyak 5 kali dan 2 kali magnitudo di bawah 5," jelas Daryono.


BACA JUGA : Baru Menikah, Istri Staf Komisioner KPU Jatuh ke Laut dari Kapal Feri, Jasadnya Belum DItemukan

PenulisR24/ibl


Loading...

loading...