riau24

Harga di Pasar Melonjak, Kadis Ketahanan Pangan Pekanbaru Minta Warga Tanam Cabai Sendiri

Selasa, 16 Juli 2019 | 19:27 WIB
Harga cabai merah melonjak di Pekanbaru (foto/int) Harga cabai merah melonjak di Pekanbaru (foto/int)

RIAU24.COM -  Selasa 16 Juli 2019, Harga komoditi cabai, bawang, dan daging ayam masih mahal di Kota Pekanbaru. Dinas Perindustrian dan Perdagangan (DPP) Pekanbaru mencatat harga ayam ras menyentuh Rp33 ribu per kg dan cabai merah Bukittinggi dijual Rp78 ribu per kg.



BACA JUGA : Selesaikan Masalah dengan Kabid Berantas BNN Riau, Kasatpol PP Pekanbaru Bilang Begini



Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Pekanbaru, Mutia Eliza menyebut tingginya harga berbagai komoditi seperti cabai merah akibat pasokan yang berkurang. "Itu terjadi pasokan sedikit. Sesuai hukum pasar antara suplai dan demand. Jadi pasokan sedikit otomatis harga naik," katanya.



BACA JUGA : Kabid Berantas BNN Riau Perang Mulut dengan Kasatpol PP Pekanbaru di Tempat Hiburan Malam, Begini Ceritanya



Mengenai operasi pasar, Mutia Eliza menyebut untuk cabai merah Bulog tidak bisa melakukannya. "Kalau bulog tidak ada cabai, bawang mereka bisa (operasi pasar). Solusinya kita harapkan petani dan masyarakat kita menanam cabe," katanya.

Untuk membantu ketersediaan dan stabilitas harga sembako pihaknya telah membuka outlet di Kantor Dinas Ketahanan Pangan Pekanbaru. "Kita di dinas ketahanan pangan berusaha harga pangan stabil, kita buka outlet kami bernama Puanberseri. Kita bekerjasama dengan Bulog dan vendor hasil-hasil olahan pangan. Kita coba bantu kestabilan harga pangan," tutup Mutia Eliza.

Sebagai informasi selain cabai merah, rawit sudah menyentuh harga Rp70.000 per kg. Kemudian bawang merah Rp28.000 per kg dan bawang putih Rp30.000 per kg.

PenulisR24/riki


Loading...

loading...