riau24

Makin Memanas, Presiden Donald Trump Sebut Kapal Perang Amerika Tembak Jatuh Drone Iran

Jumat, 19 Juli 2019 | 09:18 WIB
Kapal perang AS, USS Boxer. Foto/Istimewa Kapal perang AS, USS Boxer. Foto/Istimewa

RIAU24.COM -  WASHINGTON - Kapal perang Amerika Serikat (AS) diklaim telah menghancurkan sebuah pesawat tanpa awak Iran di Selat Hormuz. Insiden ini terjadi di tengah meningkatnya ketegangan di antara kedua negara.

Kabar penembakan pesawat tanpa awak tersebut disampaikan langsung presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Dikatakan oleh Trump kapal perang USS Boxer, sebuah kapal serbu amfibi, mengambil tindakan defensif setelah drone itu berada dalam jarak 1.000 yard dari kapal perang dan mengabaikan seruan untuk mundur.

Ia menyatakan bahwa pesawat tak berawak mengancam keselamatan kapal AS dan awaknya. Trump pun meminta negara lain untuk mengutuk Iran serta melindungi kapal mereka sendiri.

"Ini adalah yang terbaru dari banyak tindakan provokatif dan bermusuhan oleh Iran terhadap kapal yang beroperasi di perairan internasional. Amerika Serikat berhak untuk membela personel, fasilitas, dan kepentingan kami, dan menyerukan kepada semua negara untuk mengutuk upaya Iran untuk mengganggu kebebasan navigasi dan perdagangan global," ujarnya seperti dikutip sindonews dari The Guardian, Jumat (19/7/2019)..

Sementara itu, dalam sebuah pernyataan, Pentagon mengatakan bahwa USS Boxer telah mengambil tindakan defensif terhadap sebuah drone. Namun pernyataan itu tidak menyebutkan apakah pesawat itu adalah milik Iran.

"Sistem udara tak berawak tetap mendekati Boxer dan ditutup dalam jarak yang mengancam. Kapal mengambil tindakan defensif terhadap UAS (unmanned aerial system) untuk memastikan keamanan kapal dan awaknya," kata Kepala juru bicara Pentagon, Jonathan Hoffman, dalam sebuah pernyataan tertulis.

Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif, pada kunjungan ke PBB di New York, saat ditanyakan mengenai hal itu mengatakan kepada wartawan: "Kami tidak memiliki informasi tentang kehilangan pesawat tanpa awak."

Iran baru-baru ini menembak jatuh pesawat tak berawak AS yang katanya terbang di atas perairan Iran. Amerika sempat akan melakukan serangan balasan, namun dibatalkan oleh Trump di menit-menit terakhir.***

 

R24/bara

PenulisR24/saut


Loading...

loading...