riau24

Disinggung Mendagri Tjahjo Kumolo Soal Kunjungan ke Luar Negeri, Anies Baswedan Jawab Begini

Selasa, 23 Juli 2019 | 00:04 WIB
Anies Baswedan Anies Baswedan

RIAU24.COM -  Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo sempat menyindiri Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan. Hal itu terkait kunjungan Anies ke luar negeri, baru-baru ini. Tak hanya itu, Mendagri juga menyebut ada kepala daerah yang setiap minggu kunjungan ke luar negeri. Karena itu, pihaknya saat ini memperketat aturan kunjungan kepala daerah ke luar negeri. Bagaimana respon Anies?

Terkait hal itu, Anies Rasyid Baswedan menyampaikan bahwa dirinya sedang melaksanakan upaya membuat Indonesia, khususnya Jakarta, menjadi pemain di kancah dunia.

Hal itu pula yang mendasari dirinya beberapa kali bepergian ke luar negeri. Semua dalam rangka menghadiri acara bertaraf internasional.



BACA JUGA : Undang Cowok Bule Kerja Sama, Nasib DJ Seksi Ini Malah Berakhir Apes, Begini Ceritanya

"Kita ini warga global, sudah harus mulai berpikirnya global," ujar Anies di Gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin 22 Juli 2019.

Dilansir viva, Anies mencontohkan, selama tahun 2019, ia telah pergi ke Jepang, untuk menghadiri forum U 20 atau pertemuan gubernur-wali kota sebelum G 20.

Selain itu, Anies juga baru saja baru saja pulang dari Amerika Serikat, dalam rangka membuat perjanjian pelaksanaan Formula E di Jakarta.

"Setiap sebulan sebelum G 20, ada U 20. Saya memang pergi, karena bagian dari itu," terangnya lagi.

Anies juga balik menyindir, kalangan yang tidak menunjukkan simpati atas tindakannya bepergian ke luar negeri, harus memiliki pola pikir bahwa Indonesia merupakan bagian dari dunia. Sebagai bangsa yang besar, Indonesia harus menunjukkan juga memiliki peran signifikan di tingkat internasional.

"Indonesia harus sudah mulai berperan di tingkat global. Masak, kita semua berpikirnya kandang terus," ujar Anies.

Sebelumnya, Mendagri Tjahjo Kumolo mengatakan, pihaknya telah mengeluarkan surat pemberitahuan Standar Operasional Prosedur (SOP) Pengajuan Permohonan Izin Perjalanan Dinas ke luar negeri. Langkah ini dibuat untuk merespons adanya kepala daerah yang suka sembarangan pergi.

Tjahjo sempat menyinggung Anies, yang sebelumnya ke luar negeri dua kali dalam sebulan. Padahal, eks Mendikbud itu saat ini sedang tak memiliki wakil gubernur.

"Sebagai contoh Pak Anies. Dia enggak ada wakil, tetapi satu tahun berapa kali dia? Hampir sebulan dua, tiga kali. Ada lho gubernur hampir tiap minggu izin ke luar negeri, ada," kata Tjahjo.



BACA JUGA : Karhutla Disebut Urusan Daerah, Putra Kiai NU: Bagi-bagi Sertifikat Itu Urusan Siapa?

Anies Clear, Sudah Berizin
Setelah sempat menyinggung tentang Anies Baswedan, Mendagri Tjahjo Kumolo pada Senin malam tadi kemudian memberikan klarifikasi. Menurutnya, kepergian Anies ke luar negeri sudah clear, karena sudah mendapat izin Kemendagri.

"Dan bulan ini Pak Anies Baswedan baru satu kali keluar negeri," ujarnya dalam keterangan tertulis, tadi malam, dilansir detik.

Soal pertanyaan siapa saja kepala daerah/wakil kepala daerah yang ke luar negeri tanpa izin serta berapa kali mereka ke luar negeri, Tjahjo menyebut hal itu sebenarnya bisa dicek di Imigrasi. Hal ini guna menghindari terjadinya spekulasi. ***

 

PenulisR24/wan


Loading...

loading...