riau24

Kolom Wirausaha: Mendobrak Penghalang Memulai Usaha

Selasa, 30 Juli 2019 | 09:54 WIB
Coach Hariadi Coach Hariadi

“Tidak ada seseorang yang sampai ke suatu tujuan, kecuali ia akan menemukan rintangan dan melewatinya”

Sahabat wirusaha yang saya banggakan, pada tulisan sebelumnya kita telah membahas tentang peluang dan kesiapan. Dalam tulisan tersebut saya sempat membahas sedikit adanya kendala/Penghalang pada setiap orang sehingga ia tidak tertarik/memulai berwirausaha. Setidaknya ada beberapa hal yang dapat saya rangkum yang membuat orang tidak tertarik/mulai berwirausaha.

Pertama, Mindset tentang wirausaha. Mindset “Sukses Adalah Bekerja”. Tidak jauh jauh, ibu saya sendiri dulu sampai nangis minta saya kerja. Ada banyak orang tua yang anaknya sedang kuliah atau anak muda itu sendiri berharap selesai kuliah langsung kerja. Itu sebabnya tidak heran jika kita menemukan masih banyak kampus kampus kecil yang menjanjikan setahun atau dua tahun kuliah langsung kerja, dan masih laris hingga sekarang.

Mindset “Berwirausaha adalah bermain dalam ketidakpastian”. Kita juga akan menemukan banyak orang masih berpikir 10 hingga 20 kali untuk memulai usaha, karena mindset ini. Saya ingin sampaikan, semua kita pada dasarnya bermain dalam ketidakpastian. mungkin kita perlu merenung sebentar, dan temukan apa yang benar benar pasti di dunia ini?. Yang pasti itu bahwa waktu terus berjalan, kita akan semakin tua, teknologi terus berganti, dan kita akan digantikan oleh generasi setelah kita. Pertanyaan besarnya justru apa yang kita siapkan untuk menyongsong masa depan itu?
 
Kedua, Kemampuan berwirausaha. Ada banyak orang belum memulai usaha, karena merasa atau memang tidak memiliki kemampuan berwirausaha. Tidak punya kemampuan bicara di depan umum atau di depan klien. Tidak punya kemampuan ide memproduksi barang/Jasa. Tidak punya kemampuan memasarkan barang/jasa. Tidak punya kemampuan mengelola keuangan usaha dan lain sebagainya.

Ketiga, Tidak percaya diri. Banyak orang Tidak percaya diri untuk memulai usaha. Tidak percaya diri ini  dapat terjadi karena beberapa hal. Satu, tidak punya kemampuan atau kapabilitas. Kembali ke bagian kedua di atas, mulai dari ketidakmampuan membangun ide hingga memasarkan. Dua, tidak punya keberanian. Biasanya hal ini terjadi karena kegagalan membangun Pleasure di tempat baru atau gagal membangun Pain di tempat lama. Pleasure dan Pain biasanya akan sangat bersinggungan dengan zona nyaman. Berkenaan dengan Pleasure dan Pain ini akan kita bahas pada tulisan selanjutnya ya. Tiga, tidak punya modal atau sumber dana. Khusus bagian ini, akan kita kupas habis dalam tulisan tersendiri nanti.

Sahabat Wirausaha yang luar biasa, jika kita ingin memulai usaha, maka tugas kita pertama kali adalah mendobrak tiga hal ini. Selama kita tidak mampu mendobraknya maka kita akan terkungkung terus di posisi kita sekarang. Bagaimana cara mendobraknya?

Nah, ini dia pertanyaan besarnya. Sebanyak itu kendala dan penghalangnya, tentu akan butuh energi yang besar untuk mendobraknya?, sayangnya tidak serumit yang anda pikirkan, anda hanya butuh dua hal saja sebagai obatnya, pertama berlatih dan kedua bertahan.

Pertama Berlatih, saya ingin sampaiakan “Tidak ada orang yang hebat dan mampu, yang ada hanyalah orang yang terlatih”® Jika kita bersedia mereview kehidupan kita, bahkan berjalan dan berbicara pun pada dasarnya kita tidak mampu. Orang tua kitalah yang telah melatih kita hingga kita jadi seperti ini.

Kedua Bertahan, “Tidak ada sesuatu yang kecil jika ia dikerjakan terus menerus”. Buah ketekunan dan konsistensi itu siapapun pasti sepakat adalah buah yang paling besar. Sesuatu yang kecil dan sepele sekalipun jika ditekuni, trus dan terus ia akan menghasilkan sesuatu yang besar.***


Hariadi
Certified Trainer dan Coach di Cerekas Entrepeneur School
Layanan Konsultasi 081267436909

PenulisR24/saut



Loading...
Loading...