riau24

Dubes RI Sebut Habib Rizieq Syihab Serobot Doa untuk Mbah Moen, Begini Sindiran Tajam Sekum FPI

Kamis, 08 Agustus 2019 | 12:14 WIB
Habib Rizieq Syihab saat menghadiri pemakaman Mbah Moen di Ma'la, Makkah. Foto: int Habib Rizieq Syihab saat menghadiri pemakaman Mbah Moen di Ma'la, Makkah. Foto: int

RIAU24.COM -  Perihal pembacaan doa untuk almarhum KH Maimoen Zubari atau Mbah Moen yang wafat di Makkah, Arab Saudi, kembali marak disorot. Hal itu bermula dari pernyataan Dubes Indonesia untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel, yang menyebut Habib Rizieq Syihab melakukan penyerobotan doa saat pemakaman Mbah Moen.

Terkait pernyataan itu, Sekum Front Pembela Islam (FPI) Munarman pun membalasnya dengan tegas.



BACA JUGA : Makin Panas, Faldo Maldini Dikabarkan Bakal Hengkang ke PSI, Begini Respon PAN

"Manusia kalau hatinya sudah ada penyakit hasud, hasad, iri dan dengki maka pasti susah melihat orang berbuat kebaikan atau mendapat kebaikan dan senang melihat orang mendapat kesusahan. Ini ciri-ciri manusia yang di dalam hatinya ada penyakit," lontar Munarman, Kamis 8 Agutus 2019.

Beberapa saat sebelumnya, bantahan terkait pernyataan Dubes Agus Maftuh itu juga sudah disampaikan pengurus DPP FPI, Slamet Ma'rif.

Menurut Slamet, awalnya jenazah Mbah Moen disalatkan berkali-kali di kantor Daker Mekah. Habib Muhammad bin Idrus Alhaddad dan KH Anwar Manshur (Lirboyo) menjadi imam dalam salat tersebut.

"Kemudian disalati lagi di Masjidil Haram. Lalu disalati lagi di Ma'la saat baru masuk di-Imami oleh Sayyid Ashim bin Alwi bin Abbas al-Maliki," kata Slamet, dilansir detik.

Setelah disalatkan, jenazah Mbah Moen kemudian dimakamkan di Al Ma'la. Slamet menyebut Habib Hanif Alathos memimpin talkin mayyit fil qobr.

"Dilanjutkan Habib Rizieq pimpin doa dan mengajak jamaah bersaksi bahwa Mbah Moen min ahlil khair," ujar Slamet.

Slamet menegaskan proses pembacaan talkin dan doa itu disaksikan langsung Menag Lukman Hakim Saifuddin dan Dubes Agus Maftuh. Dia menyesalkan karena ada pihak-pihak yang diduga mencoba memelintir informasi mengenai hal tersebut.

"Semua yang di tempat menyaksikan, termasuk menteri agama dan dubes lihat langsung, dan semua lengkap videonya tapi orang-orang liberal mau melintir-melintir dan tak terima. kasihan kalau kebencian sudah mendarah daging," ujar dia.



BACA JUGA : Jabatan Ketua DPRD Inhil, Ferryandi Dikabarkan Sudah Kantongi SK DPP Partai Golkar

"Mudah-mudah Allah jaga hati kita dari fitnah, Allah berikan kita husnulkhatimah dan kita tidak diharamkan dari keberkahan kaum solihin," sambung dia.

Sebelumnya Dubes RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel menyebutkan Imam Besar FPI Habib Rizieq Syihab yang masih bermukim di Makkah, menyerobot pembacaan doa untuk Mbah Moen.

Agus menyesalkan Habib Rizieq yang tanpa koordinasi membacakan doa di pemakaman Mbah Moen. Menurut Agus, tindakan tersebut sangat tidak etis.

"Ini yang saya sebut sebagai 'ketidak-etisan'. Meski saya muda saya ini jadi Bapak seluruh WNI yang ada di Arab Saudi dan saya sebagai shohibul bait (yang punya hajat). Saya heran ada orang tanpa koordinasi dengan shohibul bait memposisikan diri sebagai pembaca doa," ujarnya. ***

PenulisR24/wan


Loading...

loading...