riau24

Tulang Rusuk Suka Terasa Ngilu, Waspadai Penyebabnya Berikut ini

Kamis, 15 Agustus 2019 | 14:51 WIB
Ilustrasi Ilustrasi

RIAU24.COM - Pernahkan Nada merasa ketika sedang melakukan aktivitas, terkadang tiba-tiba terasa tulang rusuk ngilu. Jika hal itu terjadi, tentu Anda akan berhenti sejenak untuk melanjutkan aktivitas dan menunggunya hingga reda.

Dilansir dari Klikdokter.com, tulang rusuk merupakan tulang-tulang panjang melengkung yang membentuk rongga dada. Tulang rusuk ini berfungsi untuk melindungi dada dan organ-organ vital di dalamnya, seperti paru-paru dan jantung.

dr. Sepriani Timurtini Limbong menjelaskan, penyebab rasa ngilu di tulang rusuk tergantung keadaannya. Rasa nyerinya itu bisa bersifat tajam atau tumpul. Contohnya, apakah terjadi sepanjang hari atau apakah memengaruhi pernapasan, termasuk saat menarik napas atau membuang napas.
BACA JUGA : Rutin Makan Jambu Biji Ini Manfaat Yang Dirasakan Tubuh

"Kalau misalnya memengaruhi pernapasan Anda, ini kemungkinan karena ada masalah otot. Biasanya ini disebabkan otot-otot jaringan ikat yang ada di sekitar tulang rusuk," kata dr. Sepriani.

Dia menambahkan, jika hal itu terjadi sepanjang waktu dan tidak berhubungan dengan organ pernapasan, mungkin ada suatu masalah di tulang rusuk.

"Misalnya seperti pleuritis. Ini adalah rasa nyeri selaput pleura atau radang selaput paru. Kalau terjadi infeksi, penderita akan merasa sakit sepanjang waktu," ujarnya lagi.


BACA JUGA : Minum Kopi Tidak Sehat? Ini Kata Dokter Zaidul Akbar

Pada kasus ringan, tulang rusuk terasa ngilu biasanya dapat disebabkan oleh batuk, peregangan otot yang berlebihan, dan perubahan posisi tubuh yang tiba-tiba. Meski demikian, rasa nyeri di tulang rusuk juga bisa berbahaya dan merupakan ciri dari penyakit tertentu.

Berikut ini penyebab lain dari rasa ngilu tulang  rusuk, di antaranya:
1. Patah tulang rusuk
2. Cedera dada
3. Spasme otot (kejang/kaku otot)
4. Osteoporosis (menurunnya massa tulang)
5. Peradangan, contohnya kostokondritis
6. Penyakit pada paru, seperti pleuritis, bronkitis, tuberkulosis, penyakit paru obstruktif kronik, dan kanker paru
7. Penyakit jantung, seperti serangan jantung atau penyakit jantung koroner
8. Cedera tulang atau otot sekitar akibat aktivitas berlebihan atau benturan
9. Peradangan pada tulang rawan iga
10. Gangguan hati
11. Masalah empedu.

Jika Anda merasa bahwa sakitnya sangat luar biasa dan sampai mengganggu aktivitas, jangan disepelekan. Ada baiknya Anda harus segera mencari pertolongan medis.

PenulisR24/ibl



Loading...