riau24

Marak Beredar Penipuan Lelang Murah, ini Tips Untuk Membedakannya

Kamis, 22 Agustus 2019 | 09:38 WIB
Ilustrasi Ilustrasi

RIAU24.COM - Pihak Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pekanbaru memberikan tips agar terhindar dari penipuan informasi pelelangan yang menawarkan dengan harga murah.

Kepala Seksi Hukum dan Informasi KPKNL Pekanbaru, Syaiful Adli mengatakan ada hal yang membedakan antara lelang yang dilakukan oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) atau Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) dengan lelang yang sengaja dibuat oleh para penipu.

"Cara membedakan antara penipuan lelang dengan lelang resmi yaitu pembayaran tidak dilakukan ke rekening pribadi atau perorangan," kata Syaiful, Kamis, 22 Agustus 2019.


BACA JUGA : Gantikan Sukarmis, DPRD Umumkan Indra Gunawan Eed Sebagai Ketua DPRD Riau Defenitif

Dia mengatakan, cara mudah pertama adalah setiap pengumuman pelaksanaan lelang, pasti menggunakan website mereka di www.lelang.go.id.

Dia juga memastikan agar masyarakat untuk tidak percaya jika ada pengumuman lelang mengatasnamakan KPKNL atau DJKN menginformasikan melalui pesan singkat sampai media sosial.

Kemudian, cara mudah kedua adalah bagi para penipu pasti setiap transaksi menggunakan rekening pribadi sementara kantor lelang menggunakan virtual account sebagai nomor rekening tujuan penyetoran uang jaminan lelang.

"Masyarakat harus memastikan kebenaran lelang tersebut. Caranya dengan mendatangi KPKNL terdekat atau juga dapat dilihat di website resmi kami yaitu www.lelang.go.id," tuturnya.

PenulisR24/ibl


Loading...

loading...